Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

HAPIJIRA : Membentuk Mindset yang Positif

HAPIJIRA

Kali ini kita akan membahas terkait dengan Bagaimana cara kita membentuk mindset atau bagaimana cara mindset itu terbentuk. Kita sering dengar sukses atau gagalnya seorang itu sangat tergantung kepada mindset yang dia miliki. Apa yang dimaksud dengan mindset? Banyak definisi yang kita bisa dapatkan tapi kali ini kita membahas makna mindset secara sederhana saja. Mindset itu adalah  pola pikir yang sudah kita tanamkan di awal bawah sadar kita dan menjadi sebuah kepercayaan atau sebuah keyakinan atau bahkan lebih tinggi lagi dan sudah menjadi Hakul yakin yang terpatri pada diri kita, jadi mindset itu bekerja secara alam kesadaran dan tidak sadar. 

Oleh karena itu saat kita berpikir atau saat kita memiliki mindset sukses atau keberhasilan dalam suatu hal, maka umumnya orang itu akan menjadi berhasil dan sukses, saat kita memiliki mindset menjadi orang kaya misalnya dan kenyataan pada umumnya orang itu benar benar terealisasi menjadi kaya, saat kita memiliki mindset bekerjanya berhasil dalam produksi dan keselamatan, maka pada umumnya saat kita menjadikan mindsetnya adalah bekerja selamat sehat maka selama kita bekerja juga dia akan bekerja secara sehat dan selamat. 

Mindset itu bisa terbentuk dengan proses alamiah dengan berjalan sendirinya mindset fisik bisa terbentuk baik secara sadar maupun tidak sadar. Makanya banyak mindset-mindset orang menjadi mindset negatif dalam kehidupannya karena polanya terbentuk pada mindset yang negatif dan ada juga yang dengan pola mindset yang positif dan berkembang menjadi mindset yang positif karena terbentuknya pola pikir yang positif.

Oleh karena itu sahabat HAPIJIRA, kita perlu tahu bagaimana sih cara membentuk mindset? Cara membentuk mindset itu yang pertama adalah : 

  1. Mindset ini terbentuk karena informasi yang masuk ke dalam alam bawah bawah sadar kita. Informasi-informasi yang masuk ke alam pemikirran kita mungkin  terbatas di sekitar halaman rumah saja atau pada komunitas yang terbatas, inilah yang dominan membentuk pola piker kita manjadi terbatas. Oleh karena itu yang pertama mindset itu terbentuk dari apa yang kita baca, apa yang kita pelajari dan apa yang kita lihat yang masuk ke dalam bawah sadar kita itu sehingga membentuk mindset kita seperti apa.
  2. Kepada siapa kita bergaul, jadi kita bergaul dengan siapa itu sangat mempengaruhi mindset kita. Misalnya kalau kita berteman dengan penjual minyak wangi maka kita pun menjadi wangi dan saat kita berteman orang yang mempunyai peringai buruk maka secara tidak sadar mindsit kita lambat laun akan terbentuk menjadi buruk juga. Oleh karena itu teman akan mempengaruhi. Pergaulan anda atau kelompok pergaulan anda akan kepribadian anda tanpa kita sadari.
  3. Figur atau sosok yang anda idolakan, saat kita menentukan figur tertentu maka tindakan apapun atau segala upaya yang kita lakukan akan menjadi energi yang kita akan arahkan kepada figur atau sosok yang kita idolakan. 
  4. Apa yang anda ucapkan secara berulang-ulang yang sering  kita sebut dengan afirmasi. Hal ini tentu akan menjadi pengaruh pada  pola pikir jika kita mengucapkan secara berulang – ulang. Contoh seseorang yang selalu mengucapkan sesuatu keinginan secara berulang – ulang untuk menjadi orang kaya misalnya, maka secara langsung alam bawah sadarnya dan setiap aktivitasnya akan berfokus pada berbagai upaya untuk mewujudkanya dan energi, waktu dan tenaga dalam kehidupannya akan mengarah untuk menjadi orang kaya, orang tersebut akan merealisasikan afirmasinya dengan menata keuanganya, hasil pendapatan,dll. 
  5. Apa kita yang selalu mendengar berulang-ulang, apa yang kita dengar secara berulang-ulang, akan membentuk mindset kita juga, sebagai contoh adalah perihal orang dalam menndengarkan musik, orang yang menyukai musik rock akan berbeda dengan pencinta lagu dangdut. Orang yang senang dengan nada nada lagu yang melow biasanya kehidupannya juga terlalu melow, bahkan kita bisa melihat artis-artis ya biasanya hidupnya juga tidak jauh-jauh dari lagunya yang dia bawakan. 
Jika kita amati dengan seksama, penyanyi yang menyanyikan sesuatu lagu tertentu berimbas pada kehidupan nyata yang relatif ada kesamaan dengan lagu yang sering dinyanyikan berulang-ulang. Oleh karena itu sahabat HAPIJIRA, dalam kesempatan ini saya sampaikan bahwa ada lima cara yang bisa membentuk mindset kita. 

Mari kita amati dan analisa kepada diri kita sendiri seperti apakah harapan keinginan dalam hidup kita? Bangunlah mindset seperti apa yang kita cita-citakan, karena apa yang bisa kita cita-citakan bisa menjadi mindset kita dan dengan mudah bisa terhubung dengan alam bawah sadar untuk merealisasikan  tinggal bagaimana kita mencari jalan serta berupaya agar hal yang tersebut bisa terjadi pada kita, kembali pada kita dalam menganalisa dan mengupayakan cara apa yang bisa membentuk mindset agar menjadi sesuatu yang diinginkan.

Demikian yang bisa disampaikan dalam kesempatan ini. Dengan harapan untuk para pengawas, pekerja sampai kepada semua pemangku kepentingan pada perusahaan, marilah kita ciptakan pola pikir yang postif yang menuju kepada produktifitas keselamatan dan kesehatan agar keinginan, pencapaian perusahaan dalam mewujudkan Zero Incident dapat dilaksanakan sehingga tercipta kinerja yang selamat, sehat, sejahtera dan sukses selalu. Sumber dari (Youtube bisnis dan manajemen asuhan Alwahono)

Agung Budiarto* (Fasilitator Allsys Solution)


Type above and press Enter to search.