Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Pentingnya Akuntabilitas Keselamatan dalam Industri Pertambangan: Fokus pada SOP dan Pelaporan Keselamatan

 

safety Sharing Session

Bogor-Setiap individu yang mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) telah memperoleh pemahaman tentang tanggung jawab yang terukur dalam melaksanakan tugas-tugasnya sesuai tahapan-tahapan yang telah ditetapkan setiap perusahaan. 

Demikian disampaikan anggota DPP APKPI bidang Media dan Komunikasi Agung Budiarto saat menyampaikan open speech pada kegiatan Safety Sharing Session Batch LVIX dengan tema “Mining Safety Accountability Management” secara daring, Rabu, 27 September 2023.

"Tentunya kita semua tahu bagaimana kita harus menentukan accountability dalam mengontrol akuntabilitas dalam sebuah perusahaan, lebih banyak kepada kuantitas seberapa kita laksanakan tanggung jawab kita atas tugas kita," ujar Agung Budiarto

Quality, Health, Safety and Environment (QSHE) System & Compliance Superintendent PT Tunas Inti Abadi, Hutomo Hinawan Terkait dengan administrasi keselamatan pada pertambangan itu sendiri terdapat buku tambang, buku daftar kecelakaan, dokumentasi, pelaporan keselamatan kerja, RKAB Keselamatan, prosedur dan instruksi kerja serta dokumen dan laporan pemenuhan kompetensi. 

Dalam dokumentasi terdapat pula kejadian berbahaya, kejadian akibat penyakit tenaga kerja, penyakit akibat kerja

Yang dimaksud buku tambang adalah buku catatan yang memuat larangan dan petunjuk pelaksanaan inspeksi tambang yang wajib dilaksanakan oleh kepala teknik tambang (SNI 66722016). Cara pengisian yaitu lajur pertama berisi tanggal, nomor dan peraturan perundangan, lajur kedua berisi perintah, larangan dan petunjuk serta pemberitahuan pelaksanaan inspeksi tambang sesuai dengan pasal dan ayat dalam peraturan perundangan, lajur ketiga berisi catatan mengenai hal seperti yang diperintahkan dalam lajur kedua, lajur keempat berisi pendaftaran yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan kesehatan kerja dan lingkungan hidup pertambangan sesuai dengan pasal dan ayat yang ada.

Definisi buku daftar kecelakaan tambang memuat catatan terhadap adanya kecelakaan tambang yang berakibat cidera ringan, berat atau mati sesuai dalam ketentuan yang diatur dalam kepmen ESDM 1827 K/30/MEEM/2018 yang diisi oleh KTT atau PTL dan diverifikasi oleh IT standar isi informasi kejadian meliputi nomor kejadian, waktu dan lokasi, identias korban, sifat kecelakaan kegiatan dan kronologi kejadian.

Evaluasi KTT atau PTL wajib melakukan evaluasi pencatatan buku daftar kecelakaan untuk menganalisa kecenderungan atau pola kecelakaan sebagai bahan untuk penyusunan program pencegahan kecelakaan. 

Pelaporan keselamatan pertambangan meliputi laporan berkala bulanan, laporan berkala triwulan, dan laporan berkala khusus.

Rencana Kerja Anggaran Biaya (RKAB) adalah rencana kerja dan anggaran biaya tahun berjalan pada kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara yang meliputi aspek pengusahaan, aspek teknik dan aspek lingkungan (Permen ESDM No. 7 tahun 2020).

Pemegang IUP dan IUPK wajib menyusun dan menyampaikan RKAB Tahunan sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan kepada Menteri ESDM sesuai PP No. 96 Tahun 2021. 

Dokumen RKAB dapat diajukan 90 hari dan paling lambat 45 hari sebelum akhir tahun terakhir untuk periode tahun selanjutnya (Permen ESDM No. 7 2020). Saya punya Safety Accountability yaitu Kewajiban yang harus dikerjakan oleh pengawas sebagai bagian dari fungsinya untuk memastikan subordinat yang bekerja di bawah pengawasannya dapat bekerja dengan aman, sehat dan selamat. 

Sementara Safety Superintendent Sistem & Compliance PT Ceria Nugraha Indotama, Faisal Reza mengungkapkan bahwa proses tambang nikel yang dilakukan oleh perusahaannya digolongkan sebagai tambang terbuka yang berlangsung dalam berbagai tahapan. Pertama land clearing yaitu membersihkan lokasi tambang dari segala jenis tumbuhan dan membuka lahan agar bisa diakses alat berat pertambangan, kedua stripping yaitu mengupas lapisan tanah pentup. 

Lapisan tanah sisa dibawa kepenampungan dan digunakan untuk menimbun lahan purnatambang, ketiga ore mining yaitu setelah lapisan tanah diangkat, maka dilakukan proses pengambilan ore yang mengandung nikel dan mineral lainnya untuk dibawa dengan truk pengangkut ketempat penimbunan. Keempat adalah rehabililitation yaitu ketika penambangan selesai maka dilakukan rehabilitasi dan penanaman kembali area bekas tambang, kelima stock pilo ore, dimana hasil tambang dikumpulkan dalam area penimbunan kemudian diangkut dengan vessel lewat 2 terminal khusus.

PT CNI sedang membangun kompleks smelter dengan teknologi RKEF (umpan bijih saprolit), menggunakan Rectangular Furnace 4x72MVA secara bertahap dengan kapasitas produksi sebesar 252.700 ton per tahun FeNi @22 %. 

Tambang PT CNI memiliki kandungan nikel dan kobait yang baik dan sedang membangun pabrik HPAL untuk memproduksi bahan baku baterai dengan kapasitas produksi pabrik 103.000 ton per tahun mixed Hydroxide Precipitate (MHP), setara dengan 40.000 ton Ini dan 4.100 ton Co per tahun.

Pelaporan keselamatan pertambangan yang pertama adalah perusahaan tambang dengan mendaftar akun MINERS setelah itu terdaftar pada MODI, kedua melalui kepala teknik tambang/penanggungjawab teknik dan lingkungan atau orang yang ditunjuk, maka dilakukan penyampaian laporan aspek keselamatan pertambangan, ketiga yaitu  laporan yang disampaikan dilakukan di evaluasi dimana output yang dihasilkan berupa di terima atau di tolak, keempat yaitu apabila diterima maka perusahaan dapat mengunduh bukti pelaporan aspek keselamatan pertambangan

Type above and press Enter to search.