Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

HAPIJIRA : Pentingnya Pencahayaan yang Memadai di Tempat Kerja

 

HAPIJIRA

Grafis & text : Delvi Yolanda, ST, MKKK

Pencahayaan di tempat kerja adalah salah satu aspek kritis yang memainkan peran penting dalam produktivitas, kesejahteraan, dan kesehatan para pekerja. Penerangan yang baik adalah penerangan yang memungkinkan tenaga kerja dapat melihat obyek dengan baik, jelas dan tanpa upaya-upaya yang dipaksakan, kesesuaian dengan jenis pekerjaan. Lingkungan kerja yang diterangi dengan baik tidak hanya memberikan kondisi kerja yang aman dan nyaman, tetapi juga memiliki dampak signifikan pada performa keseluruhan tim, konsentrasi, serta suasana hati pekerja. 

Artikel ini akan mengupas betapa pentingnya pencahayaan yang tepat di lingkungan kerja dan bagaimana pencahayaan yang baik dapat dicapai.

Pentingnya Pencahayaan di Tempat Kerja :

Produktivitas yang Lebih Tinggi 

Pencahayaan yang memadai membantu pekerja untuk melihat dengan jelas dan menjalankan tugas-tugasnya dengan lebih efisien. Ruang kerja yang terang meminimalkan risiko kesalahan dan memungkinkan pekerja untuk bekerja dengan akurasi yang lebih tinggi. Dalam jurnal ILO yang berjudul "Improving Working Condition and Productivity in the Garment Industry", menunjukkan bahwa perbaikan penerangan di tempat kerja dapat meningkatkan produktivitas (10%) dan pengurangan kesalahan kerja (30%).

Kesehatan Mata

Pencahayaan yang tidak memadai dapat menyebabkan ketegangan mata dan berbagai masalah kesehatan, antara lain: 

  • Kelelahan mata, ditandai iritasi pada mata, penglihatan ganda, daya akomodasi menurun, sakit kepala, ketajaman melihat menurun, kepekaan kontras dan kecepatan persepsi menurun.
  • Kelelahan syaraf, ditandai gerakan yang lamban, gangguan pada fungsi motorik dan psikologis.
  • Masalah kesehatan lainnya seperti kelelahan kerja (fatigue), stres, kelelahan mental (sakit kepala, menurunnya daya konsentrasi dan kecepatan berpikir).
Keamanan dan Keselamatan

Lingkungan kerja yang terang membantu mengurangi risiko kecelakaan dan cedera. Pekerja akan dapat menghindari rintangan atau bahaya potensial dengan lebih baik dalam kondisi pencahayaan yang memadai

Konsentrasi dan Fokus 

Pencahayaan yang baik dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dan fokus pekerja. Ruang kerja yang terang membantu mencegah rasa kantuk dan menjaga tingkat energi yang tinggi.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pencahayaan

Sumber Cahaya
Sumber cahaya yang digunakan di tempat kerja dapat berasal dari cahaya alami (sinar matahari) atau cahaya buatan (lampu). Kedua sumber ini perlu dikelola dengan baik untuk menciptakan pencahayaan yang optimal.

Intensitas Cahaya
Intensitas cahaya merujuk pada seberapa terang atau redupnya cahaya di lingkungan kerja. Pemilihan intensitas cahaya yang sesuai dengan tugas-tugas yang dilakukan sangat penting. Nilai Ambang Batas (NAB) untuk pencahayaan diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No.5 Tahun 2018, yaitu sebagai berikut : 
  • Penerangan Darurat Intensitas (LUX) (5)
  • Halaman dan Jalan  Intensitas (LUX) (20)
  • Pekerjaan membedakan barang kasar seperti mengerjakan arang atau abu, menyisihkan barang-barang yang besar, mengerjakan bahan tanah atau batu, dll  Intensitas (LUX) (50)
  • Pekerjaan membedakan barang-barang kecil secara sepintas seperti Mengerjakan barang-barang besi dan baja (semi-finished), penggilingan padi, dll Intensitas (LUX) (100)
  • Pekerjaan membeda-bedakan barang kecil yang agak teliti seperti pemasukan dan pengawetan bahan-bahan makanan dalam kaleng  Intensitas (LUX) (200)
  • Pekerjaan pembedaan yang teliti daripada barang-barang kecil dan halus seperti pekerjaan mesin yang teliti, pekerjaan kantor yang berganti-ganti menulis dan membaca, dll  Intensitas (LUX) (300)
  • Pekerjaan membeda-bedakan barang-barang halus dengan kontras yang sedang dan dalam waktu yang lama seperti akuntan, pemegang buku, pekerjaan steno, mengetik, dll (500-1.000)
  • Pekerjaan membeda-bedakan barang-barang yang sangat halus dengan kontras yang kurang untuk waktu yang lama seperti  pemasangan arloji, tukang emas dan intan, dll (1000)
Distribusi Cahaya 
Penyebaran cahaya di seluruh ruangan harus merata dan bebas dari bayangan yang mengganggu. Penggunaan reflektor atau lampu tambahan dapat membantu mencapai distribusi cahaya yang lebih baik.

Warna Cahaya
Warna cahaya juga mempengaruhi suasana hati dan kenyamanan. Cahaya berwarna putih atau daylight cenderung lebih cocok untuk tempat kerja karena memberikan visibilitas yang baik.

Tips untuk Menciptakan Pencahayaan yang Baik

  1. Manfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin. Pastikan ruangan memiliki jendela yang cukup besar dan jangan blokir cahaya matahari dengan perabotan yang terlalu besar.
  2. Pilih lampu yang sesuai dengan jenis pekerjaan dan tugas yang dilakukan. Gunakan lampu dengan teknologi LED yang efisien dan memberikan cahaya yang mendekati cahaya alami.
  3. Tempatkan lampu dengan posisi yang tepat untuk menghindari pantulan cahaya yang mengganggu pada layar komputer atau permukaan kerja.
  4. Dalam ruangan yang memerlukan pencahayaan ekstra, seperti area kerja yang detailnya tinggi, pertimbangkan penggunaan lampu meja atau lampu lantai.
  5. Gunakan warna yang cerah pada dinding dan langit-langit apabila diperlukan lebih banyak cahaya
  6. Sediakan pencahayaan local untuk pekerjaan yang memerlukan ketetapatan dan pemeriksanaan yang lebih detail
  7. Singkirkan permukaan yang mengkilat dari area pandang pekerja untuk menghindari kesialauan
Pencahayaan di tempat kerja bukan hanya tentang membuat ruangan terang, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan kerja yang produktif, aman, dan nyaman. Pemahaman akan faktor-faktor yang mempengaruhi pencahayaan yang baik, serta menerapkan tips untuk menciptakan pencahayaan yang optimal, akan membantu menciptakan lingkungan kerja yang mendukung performa dan kesejahteraan para pekerja.


Type above and press Enter to search.