Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

HAPIJIRA : Pentingnya Kacamata Safety Untuk Perlindungan Terhadap Mata Kita

HAPIJIRA

Grafis & text : Agung Budiarto*

Alat Pelindung diri atau disingkat APD adalah salah satu alat untuk pengendalian  terhadap control Risiko, meskipun sacara HIRARKI APD merupakan pengendalian pada risiko sisa. Banyak macam APD untuk melindungi anggota tubuh pekerja salah satu adalah kacamata safety yang berguna untuk melindungi mata dan digunakan untuk mencegah cedera mata akibat benda asing, debu, sinar UV, atau bahan kimia. Kacamata safety biasanya terbuat dari plastik atau kaca yang tahan benturan dan dilengkapi dengan bingkai yang menutupi seluruh area mata. Kacamata safety juga dapat memiliki fitur tambahan seperti anti-fog, anti-glare, atau polarisasi.

Kacamata safety sangat penting untuk digunakan oleh pekerja di bidang industry pertambangan, konstruksi, pertanian, laboratorium, atau medis yang mempunyai risiko terkena bahaya mata. Kacamata safety dapat mencegah terjadinya luka mata yang dapat menyebabkan kebutaan permanen atau sementara. Selain itu, kacamata safety juga dapat meningkatkan kenyamanan dan mendukung produktivitas pekerja dengan mengurangi gangguan penglihatan.

Untuk memilih kacamata safety yang sesuai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Standar kualitas. Kacamata safety harus memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh lembaga resmi seperti ANSI (American National Standards Institute) atau SNI (Standar Nasional Indonesia). Standar kualitas ini menjamin bahwa kacamata safety memiliki ketahanan benturan, ketebalan lensa, dan transmisi cahaya yang memadai.
  • Jenis bahaya. Kacamata safety harus disesuaikan dengan jenis bahaya yang dihadapi oleh pekerja. Misalnya, jika pekerja berhadapan dengan bahan kimia, maka kacamata safety harus memiliki perlindungan samping dan bawah untuk mencegah percikan masuk ke mata. Jika pekerja berhadapan dengan sinar UV, maka kacamata safety harus memiliki filter UV untuk melindungi mata dari radiasi.
  • Ukuran dan bentuk. Kacamata safety harus pas dan nyaman dipakai oleh pekerja. Kacamata safety tidak boleh terlalu besar atau kecil sehingga mengganggu penglihatan atau gerakan kepala. Kacamata safety juga harus sesuai dengan bentuk wajah dan hidung pekerja agar tidak mudah bergeser atau jatuh.
  • Gaya dan warna. Kacamata safety juga dapat dipilih berdasarkan gaya dan warna yang disukai oleh pekerja. Gaya dan warna kacamata safety dapat mempengaruhi suasana hati dan motivasi pekerja. Namun, hal ini tidak boleh mengorbankan fungsi tama kacamata safety sebagai alat pelindung mata.

HAPIJIRA menerima sumbangan tulisan seputaran Keselamatan Kerja, Kesalamatan Operasi, ataupun hal – hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Mari ramaikan HAPIJIRA kita ini dengan aktif mengirimkan karya – karya tulisan saudara ke rubrik yang ada di majalah digital Mine Safety. Kami tunggu kiriman karya anda ke alamat e-mail : agungbudiarto1905@gmail.com

*Penulis adalah anggota DPP APKPI bidang Media dan Komunikasi

Type above and press Enter to search.