DPP APKPI Adakan Rakor dan Audensi dengan Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang

Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Sunindyo Suryo Herdadi, Direktur Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) Alwahono bersama jajaran DPP APKPI sedang diskusi tentang Keselamatan Pertambangan. Foto: APKPI

Rapat Koordinasi & Audiensi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) Dengan Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Selaku Pembina APKPI

MINESAFETY -- Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) telah sukses menggelar Rapat Koordinasi & Audiensi Dewan Pengurus Pusat (DPP) APKPI Periode 2020 s.d 2024 dengan Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang selaku Pembina APKPI. Acara tersebut diselenggarakan pada Hari Jumat, 4 November 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Rangkaian acara dibuka pukul 10.00 WIB dengan kegiatan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh DPP APKPI dengan penuh semangat menyempatkan hadir di tengah kesibukan dunia tambang yang tak pernah berhenti, bahkan beberapa di antaranya baru saja mendarat dari perjalanan dinas baik dalam maupun luar negeri.

Acara rapat koordinasi tersebut dibuka dengan sambutan dari Bapak Alwahono selaku Direktur APKPI Periode 2020 s.d 2024, kemudian dilanjutkan sesi pemaparan dan diskusi oleh perwakilan setiap bidang DPP yang hadir. Dalam kesempatan tersebut, perwakilan setiap bidang menyampaikan program-program yang sedang dijalankan beserta kendala yang dihadapi, kemudian ditanggapi langsung oleh Dewan Pengawas APKPI, Dewan Penasihat APKPI, serta Direktur APKPI.

Sesi tersebut berlangsung tertib di bawah komando Bapak Ade Kurdiman selaku Sekretaris Jenderal APKPI yang bertugas sebagai Moderator Rapat. Sesi rapat koordinasi pun ditutup pada pukul 11.30 WIB untuk mengikuti ibadah Sholat Jumat dan makan siang bersama.

Acara Kembali dibuka pada pukul 13.30 WIB dengan agenda Audiensi antara DPP APKPI dan Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang (KaIT), Bapak Sunindyo Suryo Herdadi, S.T, M.T. yang juga selaku Pembina APKPI.

Sesi audiensi dimulai dengan penyampaian profil APKPI, perkenalan seluruh DPP APKPI, serta program-program APKPI oleh Bapak Alwahono. Dalam tanggapannya, Bapak KaIT menyambut baik dengan penuh kebanggaan terhadap APKPI yang bersinergi bersama Pemerintah, Praktisi, dan Masyarakat Pemerhati tanpa henti terus menerus berupaya membangun Keselamatan Pertambangan Indonesia sesuai Visi dan Misi APKPI.

“Tentunya harapan saya di tahun ke-9 APKPI ini berdiri, tampaknya ini sudah saatnya kita sama-sama lebih maju dan bersinergi, memperjuangkan visi dan misi dari organisasi ini. Seperti apa? Ayo kita review bareng.” Tegas Bapak KaIT

“Kalau perlu kita buat suatu paradigma baru yang jangan terlalu birokratis tetapi dapat dijalankan oleh semua Insan Pertambangan Indonesia. Kami di pemerintahan mendorong dengan senang hati agar APKPI dapat membantu kinerja pemerintah.”

“APKPI dipenuhi oleh para pemangku kebijakan yang berpengaruh kuat dalam pengelelolaan Keselamatan Pertambangan di perusahaan nya masing-masing. APKPI juga menjadi wadah besar bagi para praktisi Keselamatan Pertambangan di Indonesia. 


Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang selaku Pembina APKPI berfoto bersama dengan jajaran pengurus DPP APKPI. Foto: APKPI

Hal ini menjadi pelengkap bagi APKPI agar menciptakan program-program positif yang berpengaruh kuat terhadap kemajuan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan di Indonesia, maka dari itu saya menyampaikan:

  1. Mendukung program-program APKPI dalam mewujudkan Visi dan Misi APKPI
  2. Mari kita lebih sinergikan program-program APKPI agar lebih sejalan dengan program- program pemerintah
  3. Program-program APKPI lebih kita tekankan lagi pada kualitas sehingga menciptakan bulir- bulir rekomendasi, ide-ide, dan berbagai inovasi yang arah nya pada kemajuan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan
  4. Menjadikan APKPI sebagai kiblat kiprahnya Keselamatan Pertambangan di Indonesia
  5. Membantu pemerintah dalam menghadapi tantangan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan baik secara nasional maupun global hingga Indonesia menjadi figur dalam Pengelolaan Keselamatan Pertambangan di Dunia

“Terima kasih dan selamat untuk APKPI atas pelaksanaan rapat koordinasi dan audiensinya. Saya harapkan APKPI ini seperti semangat yang disampaikan Pak Alwahono tadi (Direktur APKPI), agar bangkit. Kami tunggu input-input masukannya untuk perbaikan aspek keselamatan pertambangan yang kita cintai bersama ini.” harap beliau pada APKPI.

Setelah sesi pengarahan dari Bapak KaIT, acara dilanjutkan dengan sesi dialog antara Bapak KaIT dengan DPP APKPI. Sesi dialog berjalan aktif dan kooperatif.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Mewujudkan Visi Misi APKPI oleh seluruh Dewan Pengurus Pusat dan diketahui oleh Bapak Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang (KaIT), Bapak Sunindyo Suryo Herdadi, S.T, M.T. yang juga selaku Pembina APKPI

Acara pun berakhir pada pukul 15.30 WIB, ditutup dengan sesi foto bersama dan yel-yel APKPI.

 
“Semangat Pagi – Luar Biasa!” “APKPI – Maju Terus!”
“Indonesia – Jaya!”

Post a Comment

Post a Comment