Bukit Asam Bangun PLTS 42 kWp Suplai Listrik Untuk Sawah 150 Ha

Peletakan batu pertama pembangunan PLTS 42 kWp di Kampung Rejosari Mataram. Foto: PT Bukit Asam Tbk

MINESAFETY -- PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 42 kilowatt peak (kWp) di Kampung Rejosari Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Kabupaten Lampung Tengah yang akan menyuplai listrik untuk 2 pompa irigasi yang mengairi sawah seluas 150 hektar.

Selama ini para petani di Kampung Rejosari Mataram hanya bisa panen 1 kali dalam setahun karena kurangnya pengairan sehingga dengan adanya PLTS irigasi dari PTBA, diharapkan panen bisa meningkat sampai 3 kali setahun.

Dari siaran pers, peletakan batu pertama pembangunan PLTS dilaksanakan di lahan persawahan Kampung Rejosari Mataram pada Rabu (5/10). Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan General Manager PTBA Unit Pelabuhan Tarahan Dadar Wismoko hadir dalam kesempatan ini.

Dadar Wismoko mengatakan PLTS tersebut nantinya bermanfaat bagi para petani di Kampung Rejosari karena dengan pengairan yang lancar dari irigasi, panen akan meningkat.

"Semoga bisa bermanfaat khususnya di lahan pertanian di Lampung Tengah yang merupakan lumbung padi, jagung, ketela, dan lainnya. Semoga dengan bantuan ini nanti irigasi tidak jadi masalah lagi, lahan semakin subur. Saya mewakili manajemen PTBA menyampaikan terima kasih kepada Pak Bupati dan seluruh warga yang ada di Lampung Tengah ini karena sudah menerima dengan baik bantuan kami, mari kita sama-sama merawatnya," kata Dadar dikutip Minesafety, Rabu (12 Oktober 2022).

Sementara itu, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad berpesan supaya PLTS irigasi ini dijaga oleh masyarakat supaya bisa terus mendukung pertanian karena ke depan para petani tidak menguarkan dana lagi untuk merawat PLTS itu.

"Mudah-mudahan dengan adanya pompa irigasi ini, Insyaallah masyarakat bisa 3 kali tanam yang dilakukan di Rejosari Mataram," kata Musa Ahmad.    

Ketua P3A Rejosari Mataram, Hajisheri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan PTBA yang memberikan bantuan kepada para petani. "Mudah-mudahan bantuan PLTS ini dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Rejosari Mataram," ucap Hajisheri.

Post a Comment

Post a Comment