Status Outlook ANTAM Positif, Ini Rahasianya

ANTAM, PT Aneka Tambang Tbk, Standard and Poor's, S&P Global, outlook positif, bijih nikel, EBITDA, laba,

Pekerja dan alat berat sedang beroperasional di wilayah kerja ANTAM. Foto: PT ANTAM Tbk.

MINESAFETY -- PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk mencatatkan kenaikan corporate credit outlook S&P global pada 2022 dari B+/outlook stabil menjadi B+outlook positif yang merupakan dampak dari kesuksesan strategi hilirisasi perusahaan menjual bijih nikel pasar domestik. Bahkan laba perusahaan pendorong peringkat outlook positif.

Dalam laporan terbaru ANTAM, lembaga pemerintah utang global Standard and Poor's (S&P) menyampaikan update peringkat milik ANTAM. Peningkatan outlook selain penerapan strategi penjualan perusahaan untuk mengisi permintaan komoditas tersebut di pasar domestik.

Penyebab outlook perusahaan mengalami kenaikan karena harga komoditas utama ANTAM meningkat di tengah tekanan kondisi ekonomi global dan kemampuan ANTAM dalam mengimbangi kenaikan biaya bahan bakar.

Sebagaimana perlu diketahui bahwa sepanjang kuartal I/2022, ANTAM mencatatkan pertumbuhan kinerja solid seperti Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) sebanyak Rp2,54 triliun atau tumbuh 105% dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp1,24 triliun.

Pertumbuhan profitabilitas ANTAM pada kuartal I/2022 mencapai laba kotor senilai Rp2,45 triliun atau tumbuh 51% dari periode yang sama 2021 sebesar Rp1,63 triliun. Implementasi strategi operasional yang tepat mendukung pertumbuhan profitabilitas seluruh segmen operasi utama ANTAM yang berbasis pada komoditas nikel, emas dan bauksit.

Adapun laba perusahaan sebesar Rp1,62 triliun atau tumbuh 104% dibandingkan kuartal I/2021 sebesar Rp793,89 miliar. Untuk pertumbuhan positif laba kotor dan laba usaha mendukung capaian laba berjalan kuartal I/2022 mencapai Rp1,47 triliun atau naik 132% dari laba tahun berjalan kuartal tahun sebelumnya yang mencapai Rp630,38 miliar.

Kendati sudah memiliki peringkat outlook menggembirakan, ANTAM tetap meningkatkan komitmen perusahaan dengan target pertumbuhan produksi dan penjualan komoditas utama perusahaan sejalan dengan strategi perusahaan.

Strategi tersebut dengan meningkatkan utilisasi operasi tambang dan pabrik pengolahan serta ekspektasi peningkatan jangkauan pemasaran komoditas. Tidak sampai di situ saja, ANTAM selain optimalisasi aspek produksi dan penjualan selanjutnya akan berfokus dalam upaya pengelolaan biaya yang cermat melalui pelaksanaan program-program efisien yang tepat.

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI