MIND ID dan Arrival Ltd Inggris Jajaki Kerjasama Bikin Kendaraan Listrik

MIND ID, Arrival Ltd, kendaraan listrik, Hendi Prio Santoso, Desra Percaya, bus listrik, baterai, alumunium, emisi, Inggris,

 

MIND ID di markas Arrival Ldt, pabrikan kendaraan listrik berdomisili di London, Inggris. Foto: MIND ID

MINESAFETY -- BUMN grup industri pertambangan MIND ID, Mining Industry Indonesia mengunjungi Arrival Ltd, pabrikan kendaraan listrik asal untuk menjajaki pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

Manajemen MIND ID yang mengunjungi Arrival Ltd langsung Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso, Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris HE. Desra Percaya. Dari pihak Arrival Ltd, langsung disambut oleh CEO Denis Sverdlov.

Arrival Ltd, produsen kendaraan listrik berpusat di London berdiri pada 2015 lalu telah membuat mobil EV pertama yang harganya sama dengan kendaraan berbahan bakar bensin dan solar. Perusahaan tersebut juga telah membuat bus penumpang listrik pada 2020 lalu.

Hendi Prio Santoso mengatakan pertemuan antara MIND ID dengan Arrival Ltd selain pengembangan kendaraan listrik juga untuk mengeksplorasi solusi pasokan potensial termasuk baterai dan alumunium dan juga membahas desain.

"Pertemuan itu merupakan bagian dari upaya MIND ID dalam menjajaki pengembangan pabrik mikro baterai listrik komersial di Indonesia dan Asia Tenggara. Sebagai pemegang saham Indonesia Battery Corporation (IBC), MIND ID terus mencari peluang baru untuk mengembangkan ekosistem baterai kendaraan listrik," kata Hendi dari siaran pers dikutip Minesafety, Rabu (6 Juli 2022).

Menurutnya, MIND ID ke Inggris juga bagian mandat dari pemerintah kepada MIND ID untuk mengelola cadangan dan sumber daya strategis, hilirisasi dan memiliki kepemimpinan pasar yang diwujudkan melalui optimalisasi komoditas mineral dan ekspansi bisnis.

"Kerjasama ini akan diperluas potensi pengembangan portofolio baru perusahaan dalam jangka panjang, khususnya di bidang pengembangan eksosistem kendaraan listrik di Indonesia," ujar Hendi.

Arrival Ltd dalam pertemuan tersebut memastikan untuk meningkatkan rantai pasokan dan mengembangkan inisiatif strategis mengamankan bahan baku yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan global akan kendaraan listrik.

"Dengan potensi kerjasama ini, diharapkan MIND ID dan Inalum Operating akan memiliki peran di masa depan dalam rantai pasokan alumunium Arrival. MIND ID bersama dengan IBC yang merupakan global supply chain for battery, akan melakukan penelitian dan membahas potensi pengembangan bersama komersial produk kendaraan listrik untuk negara berkembang yang dapat dilakukan di Indonesia," kata Hendi.  

Arrival Ltd, berdasarkan informasi dari wikipedia mengumumkan pada Januari 2020 mendapatkan modal segar dari Hyundai Motor Group dan KIA Motors senilai 100 juta Poundsterling untuk membuat kendaraan listrik secara global. Dengan menciptakan kendaraan listrik tanpa emisi tersebut, akan membuat harga jual seperti bus lebih murah dan terjangkau pada masa mendatang.

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI