Grup MIND ID Tanam Pohon Macademia Seluas 1.287 Ha Di Sekitar Danau Toba

MIND ID, Danau Toba, Reklamasi Lahan Tambang, Pohon Macademia, Dany Amrul Ichdan, Inalum, Benny Wiwoho

Proses penanaman bibit pohon Macademia di kawasan sekitar Danau Toba. Foto: PT Inalum Tbk

MINESAFETY -- Grup MIND ID mencatatkan realisasi penanaman pohon konservasi di Danau Toba, Sumatra Utara seluas total 1.287,81 Hektare sebagai bagian realisasi reklamasi lahan hasil pertambangan.

Adapun rincian realisasi reklamasi yakni dari PT Inalum Tbk mencapai total 1.056 Ha penanaman pohon dari periode 2016 hingga 2021 lalu. Sementara itu, PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk telah merealisasikan 231,81 Ha.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan kewajiban reklamasi merupakan bagian strategis praktik penambangan yang baik atau good mining practice sebagai upaya kepedulian penanaman lahan kritis sekitar wilayah operasional.

"Upaya itu merupakan komitmen MIND ID mewujudkan keseimbangan pencapaian tujuan ekonomi dan lingkungan agar memastikan keberlanjutan perusahaan," kata Dany dikutip Minesafety, Kamis (14 Juli 2022).

SEVP Sumber Daya Manusia dan Pendukung Bisnis PT Inalum, Benny Wiwoho mengatakan penanaman pohon dan pelestarian kawasan Danau Toba ke depan akan ada 308.148 bibit pohon di sekitar kawasan danau.

Bibit pohon itu terdiri dari atas program konservasi daerah tangkapan air Danau Toba sebanyak 130.000 pohon seluas 260 Ha dan program jasa pengelola sumber daya alam sebanyak 178.148 pohon seluas 445,37 ha.

Selain itu, Holding Industri Pertambangan MIND ID telah mengalokasikan 50.000 bibit macademia terdiri dari 28.000 bibit tersebar di 7 kabupaten mencakup Kabupaten Toba, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Samosir, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Tapanuli Utara. Adapun sisanya sebanyak 28.000 untuk kelompok masyarakat yang ada di 7 kabupaten/kota tersebut.

MIND ID memiliki tujuan pembangunan berkelanjutan dengan 6 pilar yakni environment and climate change, economic development, people, smart operation, community and society, and governance. Perusahaan juga memiliki panduan keberlanjutan environment, social, and governance yang tujuannya memberikan arah bagi MIND ID dan grup anggota dalam mengelola kinerja ESG operasi pertambangannya.

Dengan reklamasi tersebut, MIND ID ingin menuju pertambangan kelas dunia dengan mengimplementasikan ICMM Principles and Performance Expectation 2020 dan analisa materialitas isu keberlanjutan perusahaan pertambangan perusahaan MIND ID pada 2020-2025.

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI