Eks Lahan Timah, Kampong Wisata Selinsing Destinasi Favorit Belitung Timur

 

Pengunjung bermain wahana air di kawasan Kampong Reklamasi Selinsing, Belitung Timur. Foto: PT Timah Tbk
MINESAFETY -- Pemanfaatan reklamasi bekas lahan tambang timah di Desa Selinsing, Belitung Timur telah memberikan manfaat besar bagi BUMDes Selinsing. Reklamasi yang diubah menjadi kawasan wisata atau agro edu tourism itu menjadi tujuan wisata favorit masyarakat setempat.

Ketua BUMDES Selinsing, Diki Apriansyah mengatakan animo masyarakat ke kawasan wisata mencapai puncak kunjungan pada akhir pekan hingga 500 orang. Sementara, pada hari biasa kunjungan pelancong lokal berkisar 50-100 orang ke kawasan wisata bernama Kampong Reklamasi Selinsing itu.

"Kunjungan masyarakat tinggi terbukti dengan banyak tiket masuk terjual. Kawasan Kampong Reklamasi Selinsing dibuka pada pukul 13.00 Wib hingga menjelang magrib. Banyak masyarakat yang datang ke kawasan ini untuk berekreasi maupun berswa foto," kata Diki dikutip Minesafety, Selasa (12 Juli 2022).

Bahkan pengunjung dari luar Belitung Timur sering menghabiskan waktu ke Kampong Reklamasi Selinsing. "Pernah dalam satu waktu ada yang langsung menggunakan empat bus sekaligus dari Tanjungpandan," kata Diki.

Dengan harga tiket yang terjangkau sebesar Rp3.000/pengunjung, wisatawan dapat mengunjungi kawasan pertanian, peternakan, perkebunan dan wisata air. Di sana juga terdapat tanaman cabai, jagung dan peternakan sapi juga bermanfaat untuk pemasukan desa.

Di sana juga tersedia fasilitas kantin. Kehadiran Kampong Reklamasi Selinsing menjadi pemasukan untuk pemeliharaan dan BUMDes berencana untuk menambah spot baru yang menarik bagi wisatawan. Reklamasi juga tersedia kolam untuk pemancingan ikan.

Sebagai informasi Kampong Reklamasi Selinsing diresmikan langsung oleh Dirjen Mineral Batubara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin pada 11 Desember 2020 lalu. Reklamasi tersebut, seperti diutarakan Wakil Bupati Belitung, Timur Burhanudin mengatakan Kampong Reklamasi Selinsing ternyata bisa disulap dari lahan bekas tambang menjadi lahan produktif.

Timur Burhanudin meminta kepada masyarakat untuk menjaga lahan wisata itu dirawat dan dimanfaat dengan baik sehingga menjadi tempat yang aman, nyaman dan menjadi destinasi wisata baru di Belitung Timur.

"Reklamasi ini sesuai kebutuhan ini contohnya kawasan reklamasi Selinsing nanti menjadi wisata dan ini harus memberikan multiflier effect ekonomi bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Sebelum sebagai kawasan wisata, wilayah itu merupakan kondisi rona awal eks tambang berupa tailing, kolong, rawa dan vegetasi dengan topografi lahan yang belum stabil.

Post a Comment

Post a Comment