Lulusan K3 Berpeluang Nih Bikin Lapangan Kerja Sastra Tambang

 

Suasana kuliah umum Himpunan Mahasiswa K3 Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret

MINESAFETY -- Ada banyak peluang kerja bagi para lulusan Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Beragam sektor siap menyerap tenaga kerja lulusan K3, mulai dari manufaktur, mineral dan batubara, minyak dan gas, konstruksi, jasa, hingga rumah sakit.

Lulusan K3 juga bisa menjadi aparatur sipil negara, pengusaha penyedia alat-alat safety, pengajar, trainer, hingga membuat perusahaan rintisan K3 berbasis digital. Bahkan jika tertarik, lulusan K3 sebenarnya juga bisa menggeluti dunia kepenulisan dan kesusastraan.

Bagi lulusan K3 yang tertarik dengan dunia kepenulisan dan kesusastraan, peluang kerja mereka juga tak kalah besar. Sebab saat ini, banyak wadah yang membutuhkan penulis dengan basis akademisi di bidang K3.

“Nah ternyata lulusan K3 juga bisa menggeluti kepenulisan dan sastra,” ungkap Maharani Mega Sari, saat memberikan kuliah umum yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa K3 Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret, 15 Mei 2022 yang lalu.

Dunia kepenulisan memang bisa merangsek masuk ke berbagai bidang, tak terkecuali K3. Lebih spesifiknya lagi, K3 di sektor pertambangan. Karya berupa tulisan bisa diimplementasikan ke dalam majalah, buku, hingga media daring seperti sosial media hingga website. Tentunya, sarana-sarana ini bisa menjadi ladang penghasilan alumni K3.

Lulusan K3 Universitas Sebelas Maret Surakarta ini menilai, bekerja sebagai penulis punya keuntungan tersendiri. Selain memiliki kebebasan ruang dan waktu dalam bekerja, menulis juga bisa memperpanjang koneksi, memperpanjang usia, hingga menjadi terkenal. Menulis pun bisa menjadi pekerjaan sampingan bagi pekerja lulusan K3 yang telah memiliki pekerjaan tetap.

“Kalau mau menyalurkan passion, bisa juga menulis soal K3 dan itu bisa diterbitkan ke beberapa media,” ucapnya.

Lantas apa saja yang bisa ditulis oleh penulis K3?

Menurut Mega, lulusan K3 bisa menulis artikel buletin, membuat rilis kegiatan K3 di perusahaan, kisah sukses K3, materi training K3, dan lain sebagainya.

Post a Comment

Post a Comment