Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

15 Gubernur Raih Penghargaan Pembina K3 Terbaik Dari Kemenaker


15 pemerintah daerah mewakili gubernur masing-masing menerima penghargaan pembina K3 terbaik 2022 oleh Kemenaker

 

MINESAFETY -- Sebanyak 15 gubernur mendapatkan penghargaan pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terbaik 2022 yang diserahkan langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Mereka yang memperoleh apresiasi itu yakni Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Sumatra Utara, Gubernur Riau, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sumatra Selatan, Gubernur Sumatra Barat, Gubernur Jambi.

Berikutnya, Gubernur Sulawesi Tenggara, Gubernur Jawa Timur, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur DI Yogyakarta, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Banten, dan Gubernur Jawa Tengah.

Menteri Ida Fauziyah mengatakan pemberian penghargaan itu adalah bagian upaya Kemenaker untuk terus mengkampanyekan K3 kepada pihak-pihak yang berhasil menerapkan K3 dan khususnya kepada gubernur selaku pembina K3.

Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada gubernur yang berhasil membina usaha-usaha penerapan K3 di wilayah masing-masing," kata Ida di sela-sela memberikan  penghargaan tersebut dalam siaran pers dikutip Minesafety, Kamis (26 Mei 2022).

Ida mengutarakan pemberian penghargaan K3 pada Selasa (24 Mei 2022) malam itu terbukti efektif memotivasi pihak terkait menerapkan K3 dengan baik. Hal itu terlihat dari perusahaan yang mendapatkan penghargaan kecelakaan nihil 2021 sebanyak 1.268 perusahaan dan pada 2022 sebanyak 1.742 perusahaan sehingga terjadi peningkatan sebesar 37,4%.

Di sisi lain, peningkatan perusahaan yang telah menerapkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) pada 2021 mencapai 1.616 perusahaan yang memperoleh sertifikat K3 dan pada 2022 juga mengalami peningkatan sebesar 24% menjadi 2.004 perusahaan.

"Banyak juga perusahaan yang berhasil mencegah dan menanggulangi Covid-19 melalui Penghargaan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 (P2 Covid-19)," ujar Ida.

Menurutnya, berdasarkan hasil penilaian sebanyak 916 perusahaan dinyatakan layak mendapatkan penghargaan P2 Covid-19 dan jumlah itu mengalami peningkatan dibandingkan 2021 lalu.

Ada tiga 6 kategori penghargaan yang digelar oleh Kementerian Ketenagakerjaan yaitu Gubernur Pembina K3 Terbaik, Penghargaan SMK3, penghargaan kecelakaan nihil, penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di tempat kerja dan penghargaan program pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di tempat kerja.



Type above and press Enter to search.