Alwahono: Perusahaan Tumbuh Pesat Karena Keselamatan Dikelola Baik

PERTAABI, Exxonmobil
Alwahono, Managing Director Allsys Solutions


MINESAFETY -- Perusahaan yang tumbuh dengan baik, pesat dan maju karena keselamatannya dikelola dengan benar. Hal itu disampaikan Direktur Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan (APKPI) dan Managing Director Allsys Solutions, Alwahono dalam Talk Series 1, Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat Indonesia (PERTAABI), Kamis (24 Februari 2022). 

Hadir dalam webinar tersebut Direktur PERTAABI dan sekaligus General Manager PT HPU Rohman Alamsjah, dan President Director Exxonmobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Syah Reza. Pembicara lain adalah Meidi Wibowo, CEO PT Bina Sarana Sukses dan Direct Enggineering Service Manager PT Exxonmobil Lubricants Indonesia, Isharrizki Mulianda. 

Alwahono menekankan mesti ada sinergisitas yang tidak bisa dipisahkan antara produksi target dari perusahaan dengan komponen keselamatan. 

"Pengelolaan keselamatan yang tangguh itu karena mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi dan perubahan. Sehingga terciptanya pekerja yang bebas dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Selain itu tercipta kegiatan operasional yang aman, efisien dan produktif," kata Alwahono. 

Oleh karena itu, Alwahono menekankan keselamatan yang tangguh atau safety resilient harus ditanamakan dalam individu atau perusahaan agar perusahaan senantiasa tumbuh dengan baik. 

Sementara itu, Isharrizki mengatakan Exxonmobil sudah lama menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) sejak lama sebagai nilai atau value melakukan bisnis. 

"K3 adalah value harus dijaga dan diperlukan untuk dedikasi karyawan kami selama bekerja. Kami secara berkesinambungan mengembangkan konsep, atau nilai seupaya karyawan bisa bekerja secara aman," Isharrizki. 

Dia mengatakan Exxonmobil sudah menerapkan struktur manajemen keselamatan selama puluhan tahun dengan nama The Operation Integrity Managemen Systems. Sistem itu sudah tertanam di semua level perusahaan. 

Exxonmobil memiliki empat aspek safety di perusahaan yang ditanamkan ke karyawan yakni personal safety, emergency preparedness, process safety dan product safety

"Keselamatan adalah kunci untuk sukses berkompetisi di bisnis, perusahaan yang punya budaya safety yang kuat tidak hanya beroperasi aman tetapi profesional dan menguntungkan," ujarnya. 

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI