Rakernas 2022, APKPI Tatap Go Internasional

Rakernas APKPI 2021. 

MINESAFETY -- Rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) pada awal Januari 2022 berlangsung sukses kendati diselenggarakan secara daring tetapi mendapatkan sambutan antusias dari peserta.

Mereka ingin organisasi ini membangun keselamatan pertambangan Indonesia  bertaraf internasional yang tangguh (resilient), menjadi mitra bagi pemerintah, akademisi dan insan pertambangan Indonesia. 

Kehadiran Bambang Susigit sebagai mantan Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Kementerian Energi Sumber Daya Mineral).

Hadir pula Dewan Pengawas Eko Gunarto dan Dewan Penasehat APKPI Dwi Pudjiarso dan Candra Satrya membuat suasana Rakernas kian semarak karena mereka mendorong dan memotivasi langkah APKPI agar kian mantap menatap tahun 2022 ini.  

Direktur APKPI Alwahono dalam pengantarnya mengucapkan terimakasih kepada segenap dewan pengawas, penasehat, pengurus pusat dan wilayah yang tidak bosan-bosan memberikan masukan dan saling bersinergi mendukung program APKPI satu sama lain.  

"Semoga pada 2022 lebih kompak, kita mengadakan kopi darat karena keadaan semakin membaik (pandemi Covid-19). Saya mengapresiasi berjalannya organisasi selama satu tahun sebelumnya dari berbagai pihak dan kinerja APKPI selama ini walaupun di masa pandemi Covid-19," kata Alwahono, Sabtu (8/1/2022). 

Alwahono mengutarakan ada gebrakan besar kegiatan APKPI dalam membuka tahun 2022 ini. Dia mengatakan acara mine safety campaign diawali dengan upacara pembukaan bulan K3 di titik nol kilometer, Sabang Aceh pada 12 Januari 2022 dan penutupan bulan K3 di titik nol Merauke. 

Adapun tema bulan K3 Nasional yakni, Membangun Keselamatan Pertambangan yang Tangguh dalam Menghadapi Era Digitalisasi. Dalam kampanye tersebut, APKPI akan melaksanakan serangkaian kegiatan seminar, workshop (offline, online maupun hybrid), talk show, serta peliputan dan publikasi dari tik nol Sabang hingga titik nol Merauke. 

"Selama satu bulan akan melakukan kegiatan di seluruh nusantara hingga penutupannya dilaksanakan dengan upacara penutupan bulan K3 nasional di titik nol Merauke. Semoga acara berjalan dengan lancar, dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan," harap Alwahono. 

Sementara itu, dengan kehadiran majalah Mine Safety dan telah terlebih dahulu muncul media onlinenya (wwww.minesafety.id) maka semakin membantu informasi dan sosialisasi tentang keselamatan dan kesehatan kerja khususnya keselamatan pertambangan kepada masyarakat nusantara dan global. 

Dalam kesempatan sama, Sekjen APKPI Ade Kurdiman mencatat rangkaian program APKPI 2022 dalam rakernas seperti penyusunan roadmap APKPI sesuai visi dan misi membantu mewujudkan budaya keselamatan pertambangan Indonesia bertaraf internasional yang tangguh (resilient). 

"Peningkatan kemanfaatan APKPI terhadap pihak terkait melalui penguatan implementasi program APKPI secara internal dan eksternal. Selain itu, fundrising dan adanya pendapatan tetap untuk menunjang operasional APKPI," ujar Ade. 

Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) dan alumni dari Master of Safety Science (Industrial Safety), University of New South Wales (Australia), Chandra Satrya memberikan masukan agar kekompakan para pengurus dan anggota APKPI tidak luntur dan terus mensempurnakan aspek-aspek lain agar APKPI kian dikenal dan diakui publik Tanah Air dan Internasional. 

"APKPI selama ini organisasi yang kompak, mantap dan keren. Oleh karena itu, APKPI akan terus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme anggota menuju tingkat yang expert" ucapnya. 

Dewan Pengawas APKPI Eko Gunarto mengatakan APKPI selama ini telah dirasakan oleh banyak insan pertambangan antara lain penyusunan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP), sosialisasi SMKP, seminar, workshop, diskusi dan acara rutin S3 yang rutin dilaksanakan setiap Rabu malam. 

Post a Comment

Post a Comment