Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

APKPI Akan Gelar Musyawarah Nasional III, Seminar dan Berbagai Lomba

Direktur APKPI Alwahono
Direktur APKPI Alwahono

Bogor-Dalam  rangka pergantian kepengurusan organisasi, Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) akan menyelenggarakan Seminar dan Musyawarah Nasional III di Kampus Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat pada 28 sampai 29 Juni 2024 mendatang.

Hal tersebut diumumkan oleh Direktur APKPI Alwahono Ir., MBA., MOHS pada saat membuka acara Halal Bihalal Silaturahmi Keluarga Besar APKPI yang dilaksanakan, Jumat (4/4).

“Munas khusus untuk pemilihan sekaligus pergantian pengurus APKPI yang baru karena masa jabatan pengurus yang lama sudah berakhir,” kata Alwahono.

Untuk itu kata Alwahono, untuk mensukseskan acara tersebut diperlukan dukungan dari seluruh pengurus pusat, pengurus daerah dan seluruh anggota APKPI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai catatan saat ini anggota APKPI yang bekerja di perusahaan pertambangan jumlahnya tak kurang dari 3000 orang. 

Pada saat ini organisasi keselamatan pertambangan itu telah melakukan persiapan, antara lain memilih Eko Gunarto sebagai Ketua Steering Komite dan Ketua Panitia Nurul Hidayat.

Tema kegiatan juga telah ditetapkan yaitu, Strategy Pengelolaan Keselamatan Pertambangan  menuju SDGs 2030.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, APKPI juga akan menyelenggarakan seminar nasional yang dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2024, dengan tema besar pertambangan mineral, batubara dan usaha jasa pertambangan.

“Untuk seminar kita akan menghadirkan pembicara dan tokoh-tokoh penting dari dunia pertambangan,” kata Alwahono yang juga Managing Director at PT Allsys Solutions tersebut.

Selain itu juga ada acara Mining Safety Competition yang diselenggarakan sejak 12 Januari hingga Februari 2024 lalu dengan 3 kategori yaitu Mining Safety Article, Mining Safety Poster dan Mining Safety Video Campaign.

“Untuk Mining Safety Competition, artikel, video dan poster dari peserta lomba yang kami terima keren-keren,” ujar Alwahono. 

Para panitia dan tim juri tengah melakukan penilaian terhadap karya-karya tersebut, namun untuk pemenangnya baru akan diumumkan pada malam apresiasi di hari kedua kegiatan, yaitu setelah pengurus baru APKPI untuk periode 2024-2028 terbentuk.

Sunindyo Suryo Herdadi
Sunindyo Suryo Herdadi.

Direktur Teknik dan Lingkungan Dirjen Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi, ST., MT yang menyampaikan sambutan melalui video rekaman menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja APKPI yang terus berusaha berupaya membantu pemerintah dalam hal pengelolaan keselamatan pertambangan.

Pada kesempatan yang sama ia menyampaikan bahwa sesuai surat edaran yang diterbitkan 6 April 2024 lalu, Kementerian ESDM akan menyelenggarakan Penghargaan Good Mining Practice (GMP). 

GMP merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada badan usaha yang berhasil menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik sekaligus sebagai tolok ukur hasil kinerja pembinaan dan pengawasan yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

“Tim penilaian akan melakukan evaluasi dan verifikasi dilakukan dalam rentang waktu minggu ketiga bulan Mei sampai akhir juni 2024, dan acara puncak akan dilaksanakan pada Agustus 2024,” kata Sunindyo.

Pada GMP tahun ini pemerintah masih menggunakan 5 kategori, yaitu teknis pertambangan, konservasi minerba, keselamatan kerja dan keselamatan operasi, perlindungan lingkungan dan usaha jasa.

Untuk yang pertama Kata Sunindyo penghargaan pratama (perunggu), penghargaan utama (perak), dan penghargaan aditama (emas). Selain itu juga kepada peraih Aditama dan nilai tertinggi pada setiap aspek, kemudian juga trofi GMP yang diberikan kepada perusahaan dan kumulatif nilai tertinggi seluruh aspek GMP.

Dalam acara Halal Bihalal Silaturahmi Keluarga Besar APKPI  yang dilaksanakan secara online tersebut pihak panitia menghadirkan secara khusus Ustadz Azzam Al Hafidz, M.Pd, yaitu Ketua Forum Mubaligh Milenial Kabupaten Bekasi.

Sang Ustadz mengatakan bahwa selain meningkatkan ketakwaan selama bulan Ramadhan, tetapi juga menekankan arti penting silaturahmi antar sesama anggota APKPI dari Sabang sampai Merauke disela-sela kesibukan mereka selaku pekerja di industri pertambangan.

“Karena tujuan dan manfaat dari silaturahmi antara lain adalah menguatkan ikatan persaudaraan, memperlancar rezeki, memperpanjang umur, dihapuskan dosa dan kesalahannya, dan juga masuk surga tanpa hisab,” ujar Ustad Azzam.

Kegiatan halalbihalal tersebut dipandu langsung oleh moderator Ade Kurdiman Sekretaris Jenderal APKPI dan diikuti oleh sebagian besar pengurus APKPI pusat, pengurus daerah dan anggota APKPI yang tersebar dari seluruh wilayah di Indonesia.

Type above and press Enter to search.