Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Ini Dia Kriteria dan Penilaian GMP 2024 Menurut Dirjen Minerba ESDM

Sunindyo Suryo Herdadi,
Sunindyo Suryo Herdadi. Dok

Dalam upaya meningkatkan praktik pertambangan yang berkualitas, Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara (Minerba) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Batu Bara (ESDM), Sunindyo Suryo Herdadi, S.T., M.T., mengungkapkan bahwa penilaian dan pemberian Good Mining Practice (GMP) Award tahun 2024 akan didasarkan pada lima kriteria utama.

Pernyataan ini disampaikannya saat acara Sosialisasi Tata Cara Penilaian Good Mining Practice (GMP) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Teknik dan Lingkungan (Dittekling) Minerba Perusahaan Pertambangan Minerba secara daring pada hari Selasa (23/4/2024).

"Perlu kami tegaskan kembali bahwa dalam penilaian dan pemberian penghargaan GMP Award, kami masih menggunakan lima kriteria utama, yaitu teknis pertambangan, konservasi mineral dan batu bara, keselamatan kerja dan operasional, perlindungan lingkungan, pelayanan usaha, dan standardisasi, seperti yang telah ditetapkan pada awal April 2024," ungkap Sunindyo. 

Membangun Industri Pertambangan yang Berkelanjutan: Penghargaan GMP 2024 dan Kriteria Penilaiannya

Menurutnya, Dittekling Minerba telah mengirimkan surat edaran kepada Kepala Inspektur Tambang (KIT) mengenai penilaian kinerja penerapan prinsip-prinsip pertambangan yang baik dan mengajak seluruh pelaku usaha untuk mengikuti kegiatan ini dengan mengisi formulir penilaian awal pada semua aspek hingga batas waktu, 3 Mei 2024.

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk menjelaskan secara transparan kepada pelaku usaha mengenai proses pengisian formulir, verifikasi, dan penilaian. Tim penilai akan mengevaluasi perusahaan yang memenuhi syarat dan dianggap memadai untuk diverifikasi pada bulan Mei-Juni 2024.

"Kami akan melanjutkan proses verifikasi tersebut. Rencananya, penyelenggaraan GMP Award akan dilakukan pada akhir Agustus 2024," tambahnya.

Sunindyo menjelaskan bahwa perusahaan yang berhasil mengelola kegiatan pertambangan sesuai dengan kriteria GMP akan diberikan penghargaan sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan.

"Penghargaan tersebut terdiri dari penghargaan pratama (perunggu), penghargaan utama (perak), dan penghargaan aditama (emas). Selain itu, akan ada trofi jejak aspek yang diberikan kepada perusahaan dengan nilai tertinggi pada setiap aspek, serta trofi GMP yang diberikan kepada perusahaan dengan nilai tertinggi secara kumulatif pada semua aspek GMP," jelasnya.

Ia juga mengajak seluruh peserta kegiatan sosialisasi GMP Award 2024 untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk memahami proses mekanisme penilaian dan kriteria yang dinilai agar dapat mendaftar dengan baik.

"Penyelenggaraan GMP setiap tahun akan terus kami tingkatkan, karena kami menganggap bahwa perbaikan yang berkelanjutan merupakan tanggung jawab kami terhadap karakteristik kegiatan pertambangan yang kompleks dan melibatkan teknologi tinggi. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pencerahan yang memadai kepada seluruh pihak yang terlibat," tambahnya.

Sunindyo menegaskan bahwa penyelenggaraan GMP Award 2024 akan dipercepat, dan ia meminta dukungan dari semua pihak agar acara tersebut dapat berjalan lancar. Selain itu, para peserta kegiatan sosialisasi GMP Award ini diharapkan dapat memahami peraturan yang terkait dengan GMP.

"Kami mengharapkan agar seluruh peserta dapat memahami dengan baik regulasi-regulasi yang telah kami terbitkan, termasuk Undang-Undang No. 3 Tahun 2020, Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2021, Peraturan Menteri No. 26 Tahun 2018, dan Keputusan Menteri ESDM No. 827 Tahun 2018," tegasnya. 

Type above and press Enter to search.