Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Holding BUMN Tambang MIND ID Siap IPO, Inalum Hanya Pra-IPO!


Jakarta - 
Kabar terbaru dari dunia pertambangan, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID dikabarkan bakal melantai di bursa alias Initial Public Offering (IPO) dalam waktu dekat. Hal ini menjadi kejutan, karena sebelumnya PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), anak usaha MIND ID, yang gencar dikabarkan akan IPO.

Sumber terpercaya di pasar modal menyebutkan bahwa MIND ID memiliki skala yang lebih besar dibandingkan Inalum. Oleh karena itu, MIND ID dinilai lebih siap untuk melantai di bursa.

MIND ID mencatatkan kinerja keuangan yang gemilang di tahun 2022 dengan pendapatan mencapai Rp126 triliun. Total aset perusahaan mencapai Rp229,3 triliun, dengan laba bersih mencapai Rp22,5 triliun dan EBITDA mencapai Rp36,7 triliun.

Sebelumnya, Inalum dikabarkan akan IPO pada tahun 2024. Namun, pelaksanaannya masih belum pasti. Inalum akan melakukan pra-IPO terlebih dahulu dengan menggandeng mitra strategis.

Selain MIND ID, BUMN pelat merah lainnya yang dikabarkan akan IPO adalah Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelindo II (Persero). Awalnya, dua anak usaha Pelindo, PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK), dikabarkan akan IPO. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa holding BUMN pelabuhan tersebut yang akan melantai di bursa.


Type above and press Enter to search.