Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Menteri Ketenagakerjaan Buka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja 2024 di Smelter Freeport Indonesia, Gresik: Budayakan K3, Tingkatkan Produktivitas

News
Sumber foto Ptfi.co.id

Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah secara resmi membuka Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 di Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) Gresik, Jawa Timur. Acara yang berlangsung pada 13 Januari 2024 ini menyoroti pentingnya menanamkan budaya keselamatan dan kesehatan di tempat kerja untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing.

Menurut Ida, pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul memerlukan fondasi kuat dari budaya Keselamatan Kerja (K3). "Dengan budaya K3 yang unggul, kita dapat menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas kerja," ujarnya.

Program K3 yang berhasil, selain menekan kerugian, juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan indeks pembangunan manusia. Ini akan menjadi pilar penunjang pembangunan nasional dan daya saing nasional di era global. Dilansir dari Liputan.com

Menaker Ida mendorong semua pemangku kepentingan untuk berkoordinasi, bersinergi, dan berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kemandirian berbudaya K3. "Mari terus menggelorakan K3 di setiap kesempatan," tambahnya.

Dalam tema Bulan K3 Nasional 2024, "Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha," acara diawali dengan senam pekerja sehat, pemeriksaan kesehatan, dan peragaan alat berat. Atraksi pekerjaan dalam ruang terbatas (confined space) juga menjadi bagian menarik dari pembukaan BK3N 2024.

Setelah membuka acara, Menaker Ida turut meninjau proyek pembangunan smelter yang telah mencapai 90,5 persen, sesuai target linimasa kurva-S dari pemerintah. Ia memberikan apresiasi kepada PT Freeport Indonesia atas capaian lebih dari 25 juta jam kerja selamat pada proyek pembangunan smelter PTFI.

"Pembangunan Smelter PTFI merupakan dukungan terhadap program hilirisasi tambang pemerintah. Smelter dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir Mei 2024 dan akan secara bertahap meningkatkan produksi hingga mencapai kapasitas penuh pada Desember 2024," tambah Ida.

Wakil Presiden Direktur PTFI, Jenpino Ngabdi, menekankan bahwa aspek keselamatan adalah yang utama dalam seluruh kegiatan operasi PTFI. Ia mengungkapkan bahwa setiap karyawan menjalankan nilai-nilai SINCERE, yang mencakup Safety/Keselamatan, Integrity/Integritas, Commitment/Komitmen, Respect/Rasa Hormat, dan Excellence/Keunggulan.

Di area kerja PT Freeport Indonesia, Kabupaten Mimika, Papua, juga dilakukan peringatan Bulan K3 Nasional 2024. Kepala Teknik Tambang PTFI, Carl Tauran, menyampaikan pesan serupa, menekankan pentingnya keselamatan kerja sebagai prioritas utama dalam setiap aktivitas.

"Kerja sama yang erat antar karyawan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan budaya kerja yang sehat dan selamat. Masing-masing kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan diri kita, rekan kerja, dan seluruh entitas perusahaan kita bekerja dengan selamat," kata Carl.

Type above and press Enter to search.