Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

APKPI-Mining Safety Webinar Nasional, 4 Pakar Bicara Soal Insiden Hilirisasi Mineral di Indonesia

APKPI-Mining Safety Webinar Nasional, 4 Pakar Bicara Soal Insiden Hilirisasi Mineral di Indonesia

BOGOR-Dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) nasional, Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) berinisiatif mengundang 6 orang pakar sekaligus di acara APKPI-Mining Safety Webinar Nasional. Para pakar yang berasal dari kampus dan praktisi pertambangan tersebut diajak bertukar pikiran terkait  kian maraknya insiden kecelakaan kerja pada aspek hilirisasi mineral di Indonesia. 

“Kita harus tetap produktif, ekonomi nasional tetap tumbuh tetapi pekerja tambang juga harus tetap sehat dan selamat,” ujar Direktur Ir., Alwahono MBA., MOHS, saat membuka acara webinar tersebut, 24 Januari 2024.

APKPI-Mining Safety Webinar Nasional
APKPI-Mining Safety Webinar Nasional

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Dirjen Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi, ST., MT secara daring tersebut dikemas dalam event APKPI-Mining Safety Webinar Nasional  dengan tema tema ‘Keselamatan Operasi dan Proses Hilirisasi Mineral di Indonesia’. 

Menurut panitia kegiatan diikuti tidak kurang dari 257 peserta yang berasal dari instansi pemerintah, perusahaan tambang, akademisi, dan para insan pertambangan dari berbagai wilayah di Indonesia.

“Setidaknya APKPI mencatat tidak kurang 60 kasus insiden yang terjadi di 10 smelter, dengan korban 160 orang. Dari angka tersebut 50 orang diantaranya meninggal dunia dan  110 orang dinyatakan luka-luka. Belum lagi kerugian lainnya dan kami kita patut prihatin karena trend-nya terus meningkat dalam 3 tahun terakhir ini,” ujar Alwahono.

Para narasumber yang dihadirkan dalam webinar tersebut adalah lain Director at Disaster Risk Reduction Center Universitas Indonesia (Prof. Dra. Fatma Lestari, MSi. PhD.), KTT Antam Tbk UPBN Kolaka (Nulus Rahmat), Deputy head of technical Support PT Halmahera Jaya Ferronickel (Jonathan Tambunan) dan Chief Operating Officer PT Vale Indonesia Tbk (Abu Ashar). 

“Harapan kita dengan menghadirkan para narasumber yang profesional ini, kita dapat berbagi informasi dan pengalaman bagaimana operasional pengolahan pemurnian oleh perusahaan-perusahaan pertambangan di Indonesia tetap berjalan baik dan aman,” pungkas Alwahono.

Webinar yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut dipandu oleh moderator Budiawansyah, S.T., M.K.K.K yang juga merupakan Ketua DPP APKPI bidang kerjasama Kelembagaan Nasional dan Internasional.

Type above and press Enter to search.