Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Tragedi Ledakan Tungku Smelter di Morowali, Sulawesi Tengah: 13 Orang Tewas, 51 Terdampak

News
Sumber foto TRIBUNPALU.COM

MOROWALI -Sebuah tragedi ledakan terjadi di area PT IMIP, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah pada Minggu (24/12/2023) di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS), yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia dan 51 lainnya terluka akibat ledakan tungku Smelter.

Kejadian ini bermula pada pukul 05.30 WITA saat tungku dalam tahap perbaikan meledak, memicu ledakan tabung oksigen di sekitarnya. Video yang beredar di media sosial memperlihatkan aksi nekat beberapa pekerja yang melompat dari ketinggian guna menyelamatkan diri dari api yang membesar.

Dari total korban, 7 tenaga kerja berasal dari Indonesia sedangkan 6 lainnya merupakan tenaga kerja asing. Saat kejadian, para pekerja yang terdampak segera dilarikan ke unit kesehatan setempat menggunakan truk dan pick up.

Kepala Divisi Media Relations PT IMIP, Dedy Kurniawan, menyebut bahwa investigasi awal menunjukkan penyebab ledakan adalah bagian bawah tungku yang masih terdapat cairan pemicu ledakan. Sementara banyaknya tabung oksigen di lokasi yang digunakan untuk keperluan pengelasan dan pemotongan komponen tungku juga turut memperparah kejadian.

Meskipun kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 09.10 WITA, namun jumlah korban terus bertambah. PT IMIP terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait investigasi dan penanganan korban. Seluruh biaya perawatan bagi korban akan ditanggung oleh manajemen PT IMIP, termasuk pemberian uang santunan duka kepada keluarga korban. Dilansir dari TRIBUNPALU.COM

Saat ini, identifikasi korban terus dilakukan dan jenazah yang telah diidentifikasi akan segera diterbangkan ke kampung halaman masing-masing atas permintaan keluarga korban.

PT IMIP sebagai manajemen kawasan lingkar industri Morowali menyampaikan duka cita mendalam terhadap musibah ini dan terus berupaya dalam penanganan krisis serta keamanan karyawan.

Kecelakaan ini tetap dalam investigasi ketat untuk memastikan keselamatan di tempat kerja dan mencegah kejadian serupa di masa depan.

Type above and press Enter to search.