Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Direktorat Jenderal Minerba Gelar Pertemuan Direksi Perusahaan Pertambangan di Kalimantan Timur Untuk Meningkatkan Kaidah Teknik Pertambangan dan Keselamatan

News

 Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengadakan Pertemuan Direksi Perusahaan Pertambangan di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Pertemuan ini dilaksanakan di Ballroom Swissbel Hotel Balikpapan pada Rabu (21/6/2023).

Sebagaimana dilansir dari Tribunkaltim.co, Pertemuan ini bertujuan untuk mendorong pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik serta peningkatan keselamatan pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur. Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Timur, Munawwar menyampaikan bahwa pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik dapat tercapai melalui komitmen dan sinergitas yang baik antara para pemangku kepentingan.

Dalam pertemuan tersebut, seluruh direksi perusahaan pertambangan di Kalimantan Timur hadir untuk mendukung program pelaksanaan kaidah teknik pertambangan yang baik. Para direksi memberikan dukungan mereka terkait upaya mengurangi tingkat kecelakaan melalui peningkatan aspek keselamatan, dukungan sarana dan prasarana, serta kebijakan yang mendukung pengelolaan lahan dan meminimalkan dampak lingkungan dan sosial.

“Pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik akan memberikan dampak positif, termasuk menjadi sumber pendapatan daerah bagi pemerintah yang akan digunakan untuk pembangunan,” Ujar Munawwar.

Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang, Sunindyo Suryo Herdadi, menegaskan bahwa keselamatan pertambangan merupakan bagian penting dari pengelolaan kaidah teknik pertambangan yang baik. Meskipun pelaksanaan kaidah teknik pertambangan yang baik sudah dilakukan di Provinsi Kalimantan Timur, Sunindyo menyatakan bahwa masih perlu peningkatan dalam implementasinya. Oleh karena itu, para Direksi perusahaan pertambangan diundang untuk berkomitmen mendukung program kerja keselamatan pertambangan yang telah disusun oleh Kepala Teknik Tambang (KTT). “Saat ini industri pertambangan dihadapkan pada berbagai ketidakpastian, seperti fluktuasi harga komoditas tambang, ancaman bencana alam, dan wabah penyakit seperti Covid-19,” Ujarnya.

Ia berharap agar Direksi perusahaan pertambangan aktif berpartisipasi dalam menjalankan kaidah teknik pertambangan yang baik dan bersinergi dengan semua pemangku kepentingan, termasuk pekerja tambang, perusahaan jasa pertambangan, dan pemerintah, guna menciptakan good mining practice. Dalam menjalankan kaidah teknik pertambangan yang baik, dukungan pihak manajemen perusahaan pertambangan terhadap program pengelolaan keselamatan pertambangan menjadi hal yang wajib. Hal ini sesuai dengan amanat ketentuan peraturan perundangan.

Dengan demikian, direksi memberikan dukungan penuh kepada Kepala Teknik Tambang (KTT) perusahaan pertambangan untuk memastikan terlaksananya pengelolaan good mining practice. Sunindyo menekankan pentingnya komitmen seluruh pekerja tambang dalam menjalankan tugas sesuai dengan standar, norma, dan aturan yang berlaku.

Keselamatan di area kerja bukanlah tanggung jawab satu individu, melainkan tanggung jawab bersama semua personal yang bekerja di dalamnya. Sebagai aparat pemerintah, Inspektur Tambang melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pengelolaan keselamatan pertambangan yang merupakan salah satu kewajiban dalam penerapan good mining practice. Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan dapat tercipta kolaborasi yang kuat antara Direktorat Jenderal Minerba, perusahaan pertambangan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kaidah teknik pertambangan yang baik serta keselamatan pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur. (Lindu)

Type above and press Enter to search.