Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

APKPI : Peran Kompetensi Pengawas Dalam Pengelolaan Keselamatan Pertambangan : Meningkatkan Keamanan dan Kesejahteraan

 News

BOGOR- Dalam pengelolaan keselamatan pertambangan, penting bagi perusahaan untuk tetap berlanjut dengan menjalankan usaha yang patuh terhadap peraturan perundang-undangan dan mengelola risiko bisnis.

Demikian diungkapkan oleh Agung Sarono, Sekretaris DPP APKPI Bidang Peningkatan Kompetensi Profesi dalam acara APKPI Safety Sharing Session Batch LIII yang diselenggarakan oleh secara online pada Rabu, 31 Mei 2023.

“Seorang pengawas memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam melaksanakan peraturan dan mengelola risiko terkait keselamatan pertambangan,” kata Agung Sarono yang juga bekerja pada perusahaan PT Saptaindra Sejati tersebut.

S3 kali ini mengambil tema “Peran Kompetensi Pengawas dalam Pengelolaan Keselamatan Pertambangan.”

Sebagai narasumber kegiatan tersebut Agung Sarono menyoroti pentingnya karakter yang kuat, menjaga integritas, memiliki kepemimpinan yang baik, dan memahami peraturan sebagai prasyarat penting bagi seorang pengawas.

Seorang pengawas kata dia bertanggung jawab atas keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan semua orang yang ditugaskan kepadanya. Passion dan keuletan juga diperlukan untuk mencapai operasi pertambangan yang efektif.

Meskipun setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang berbeda, adanya sikap mental yang mengutamakan keselamatan (safety mindset), kompetensi lunak (soft competency), kompetensi teknis (hard competency), mentalitas yang baik, dan kepemimpinan dalam keselamatan (safety leadership) sangatlah penting.

Ia menekankan bahwa Faktor keberhasilan program keselamatan juga tergantung pada bagaimana pekerjaan dilakukan oleh karyawan. Penghargaan dan reward diberikan kepada karyawan yang berhasil melakukan pekerjaan dengan aman sebagai bentuk pengakuan atas kontribusinya.

Ditambahkannya mengatakan dengan memiliki pengawas yang kompeten dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kesejahteraan dalam industri pertambangan.

Kemampuan pengawas dalam mengidentifikasi masalah di area tanggung jawabnya memainkan peran kunci. Mereka harus mampu menemukan penyebab potensi masalah, memilih tindakan pencegahan dan penanggulangan yang sesuai, serta melaksanakan tindakan tersebut. Kompetensi pengawas menjadi fokus utama dalam memastikan operasional yang aman.

Dalam kesimpulannya Agung menambahkan, bahwa meningkatkan kompetensi pengawas dalam pengelolaan keselamatan pertambangan merupakan hal yang krusial. Dengan memiliki pengawas yang kompeten dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kesejahteraan dalam industri pertambangan.

Sekretaris Jendral APKPI, Ade Kurdiman, S.T., M.KKK, yang memberikan kata sambutan menekankan pentingnya topik tersebut dalam meningkatkan kompetensi pengawas dan menuju keselamatan pertambangan yang tangguh.

Acara ini dipandu oleh moderator Istiyan Wijianto, yaitu Auditor K3 dan KP yang juga pendiri Kanal Youtube. Ia mengingatkan para peserta untuk tetap menjaga pola hidup sehat dengan tidak merokok. Tidak lupa ia mengajak semua peserta untuk membangun budaya keselamatan yang saling menginspirasi dan beredukasi.

Acara S3 APKPI Batch LIII kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia” yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2023. (Lindu)

Type above and press Enter to search.