Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

APKPI Gelar APKPI Award 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023

News, Agenda

BOGOR-
Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) akan menyelenggarakan APKPI Award sebagai penghargaan bagi para profesional/praktisi profesi Keselamatan Pertambangan di Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan sekaligus saat pertemuan puncak keselamatan 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023.

Demikian disampaikan oleh  Direktur APKPI, Alwahono saat menghadiri Podcast Dunia Tambang Kita yang dipandu host Horas Pasaribu, Tanggal 9 Mei 2023 silam.

APKPI Award tersebut bertujuan untuk mewadahi seluruh insan pertambangan di Indonesia untuk berkumpul dan berdiskusi terkait keselamatan pertambangan,” kata Alwahono. Hadir juga dalam podcast tersebut Pengawas APKPI Eko Gunarto.

APKPI Award ini langsung diawasi oleh APKPI dan akan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Juni 2023 mendatang. Rencananya akan dilaksanakan di Gedung IPB Internasional Convention Center, Botani Square, Bogor.

Menurut Alwahono jumlah perusahaan tambang di Indonesia pada tahun 2023 diperkirakan mencapai 5000 yang bekerja di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, keselamatan pertambangan menjadi sangat penting. Melalui acara 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023 ini, dia mengharapkan akan APKPI dapat membangun kesadaran dan meningkatkan pentingnya keselamatan pertambangan di Indonesia.

Ditambahkannya bahwa APKPI Award menjadi ajang penghargaan bagi praktisi keselamatan pertambangan. Sebelumnya, APKPI juga telah mengadakan acara nasional terkait keselamatan pertambangan seperti Seminar sharing dan Mine Safety Camping kilometer 0 dari Sabang sampai kilometer 0 Marauke yang diikuti oleh 1400 perusahaan dan 3500 peserta dari seluruh Indonesia. Pada perhelatan tersebut APKPI bahkan berhasil mencatatkan diri dalam Musium Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Sementara itu Eko Gunarto menambahkan bahwa sesuai visi APKPI adalah membangun keselamatan pertambangan Indonesia dengan standar internasional, maka kegiatan yang diselenggarakan oleh APKPI kali ini diharapkan menjadi titik awal bagi keselamatan pertambangan di Indonesia dan menjadi prakarsa dunia untuk pertemuan puncak keselamatan pertambangan di masa depan.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pertambangan dan menginspirasi pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini,” kata Eko.

1st Indonesian Mining Safety Summit 2023 rencananya akan dihadiri oleh sejumlah praktisi pertambangan Indonesia, pemimpin perusahaan di sektor pertambangan, mitra kerja, kontraktor, subkontraktor, serta para pekerja.  (Lindu)


Type above and press Enter to search.