Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

APKPI akan Menggelar 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023 di IPB International Convention Center


Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) terus memperjuangkan keselamatan pertambangan di Indonesia melalui berbagai programnya. Salah satu program yang akan diadakan oleh APKPI pada tahun 2023 adalah 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023 yang akan dihelat selama dua hari pada 16 dan 17 Juni 2023 di IPB International Convention Center, Bogor.

 

1st Indonesian Mining Safety Summit 2023

Acara ini akan dihelat selama dua hari pada tanggal 16 dan 17 Juni 2023 di IPB International Convention Center, Bogor. Menurut Rusdi Husin, Ketua Panitia, gelaran ini bertujuan untuk mengusung tema ‘Keselamatan Pertambangan yang Tangguh Menuju Pertambangan Indonesia yang Selamat, Sehat, dan Produktif.’

 

Sebanyak 338 perusahaan akan diundang, meliputi perusahaan pertambangan mineral (164), perusahaan pertambangan batubara (138), dan perusahaan jasa pertambangan (36). Selain itu, lembaga sertifikasi, lembaga diklat dan konsultan (23), asosiasi profesi, dan media informasi (34) juga turut diundang.

 

Meningkatkan Strategi Pengelolaan Keselamatan Pertambangan

Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif dalam menuangkan berbagai ide dan inovasi bersama untuk meningkatkan strategi pengelolaan keselamatan pertambangan terbaik secara konsisten dengan keterlibatan para praktisi guna membangun budaya keselamatan pertambangan Indonesia bertaraf internasional.

 

Program Kegiatan dalam Rangkaian Acara

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023. Ada APKPI Award, Mining Safety Competion, dan Temu Profesi yang dikemas dalam bentuk seminar, talkshow, APKPI Fun Walk, dan pemberian penghargaan.

 

APKPI Award

Salah satu kegiatan menarik yang dapat diikuti adalah APKPI Award. Ajang ini merupakan penghargaan yang diberikan oleh APKPI kepada para profesional/praktisi pengelola keselamatan pertambangan di Indonesia. Beberapa kategori yang akan diberikan penghargaan di antaranya adalah Kepala Teknik Tambang Professional Award, Mining Safety Professional Award, Mining Safety Superintendent Professional Award, Mining Safety Supervisor/Officer Professional Award, dan The Best APKPI Member.

 

Mining Safety Competition

Kompetisi ini terbuka untuk umum dan akan diadakan sebelum acara utama dimulai. Terdapat berbagai kategori yang dapat diikuti, seperti Mining Safety Poster, Mining Safety Photo, Cerita Humor Tambang, Cerita Heroik Tambang, Mining Safety Quotes, Mining Safety Video Campaign, Mining Safety Perspective/Opinion, dan Mining Safety Paper. Total hadiah yang akan diberikan mencapai Rp40 juta, sertifikat, dan penghargaan.

 

Temu Profesi

Puncak acara akan dihadiri oleh para profesional dan praktisi yang terkait dengan pengelolaan keselamatan pertambangan. Acara ini akan dikemas dalam bentuk seminar dan talkshow. Selain itu, APKPI Fun Walk dan pemberian penghargaan juga akan menjadi bagian dari acara kegiatan.

 

Kegiatan 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023 ini diharapkan bisa menjadi momentum bagi seluruh pelaku industri pertambangan untuk mengembangkan kebijakan dan praktik terbaik dalam menjalankan aktivitas pertambangan dengan aman dan bertanggung jawab. Dalam acara ini, akan terdapat sejumlah kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh para profesional dan praktisi di bidang keselamatan pertambangan.

 

Semua kegiatan tersebut diharapkan dapat menggugah kesadaran dan semangat para praktisi dan pelaku industri pertambangan untuk meningkatkan strategi pengelolaan keselamatan pertambangan secara konsisten dan membangun budaya keselamatan pertambangan Indonesia bertaraf internasional. Dalam acara ini, para peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, bertukar informasi, dan saling belajar dari pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

 

Dengan adanya 1st Indonesian Mining Safety Summit 2023 ini, APKPI berharap dapat terus menggelorakan aspek keselamatan pertambangan di Indonesia dengan berbagai programnya. Semoga kegiatan ini dapat menjadi sarana yang efektif dalam membangun budaya keselamatan pertambangan yang tangguh, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. (Admin)

Type above and press Enter to search.