Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Tanggap Darurat Serangan Jantung


Grafis & text:
 Agung Budiarto

Detak jantung dan hembusan nafas seolah tak berarti saat kita sedang mengerjakan setumpuk tugas. Padahal fungsi keduanya sangatlah penting. Apa yang terjadi saat kita terkena serangan jantung, dimana nafas terasa sesak dan jantung berhenti berdetak? Ini diartikan akhir dari hidup kita !

Serangan jantung dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal waktu, siapa, dimana dan bisa terjadi kapan saja. Saat kita beristirahat, maupun sedang melakukan aktivitas, sendiri atau sedang Bersama rekan rekan kita. Saat serangan jantung terjadi dan kita sedang dalam keadaan sendiri, sebelum 10 detik, segeralah lakukan sebagai berikut.

  • Usahakan Tarik nafas dalam – dalam dan batuk dengan keras berulang dan terus menerus, seperti hendak mengeluarkan dahak
  • Nafas dan batuk harus diulang terus setiap dua detik  hingga bantuan datang atau sampai jantung berdegup normal.

Bernafas yang dalam dapat membuat oksigen mengalir ke paru- paru dan batuk akan memompa jantung sehingga darah tetap bersirkulasi dan memperkuat otot jantung untuk berdegup Kembali. Hal ini dapat memperbesar kemungkinan penderita bertahan hingga mendapatkan pertolongan di rumah sakit.

Adapun ciri-ciri umum orang terkena serangan jantung adalah. Sesak nafas, sakit didada sebelah kiri yang kemudian menjalar  ke rahang hingga tulang punggung, seperti tertimpa beban yang sangat berat.

Oleh karena itu sayangilah jantung dan hidup kita dengan melakukan pola hidup yang sehat.

*Referensi: dr.Dewi Andong Joesoef, Antara news dan Dr. Syed Faraz Patel MBBS student shadan Medical College - Hyderabad

Type above and press Enter to search.