Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

PPSDM Geominerba Segera Gelar Uji Penyegaran Juru Ledak Secara Online

News

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan sektor Geologi, Mineral, dan Batubara memiliki salah satu misi yaitu, mengembangkan sistem pengembangan SDM sesuai kebutuhan pemangku kepentingan dan perkembangan industri.

Dalam mengimpelementasikan misi tersebut, PPSDM Geominerba menyelenggarakan Uji Penyegaran Juru Ledak Untuk Persyaratan Pengajuan Kartu Izin Meledakan (KIM) secara online.

KIM adalah kartu yang harus dimiliki oleh seorang Juru Ledak yang telah diangkat oleh KTT/PTL bertanggung jawab terhadap pelaksanaan peledakan atau melakukan inisiasi peledakan.

Uji Penyegaran dibuka secara resmi oleh Kepala PPSDM Geominerba, Dwi Anggoro Ismukurnianto dan didampingi oleh Koordinator Penyelenggaraan dan Pengelolaan Sarana Prasana Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ade Hidayat melalui video conferences, Selasa (11/04/2023).

Berdasarkan yang telah disampaikan oleh Ade Uji Penyegaran dilaksanakan selama dua hari (11-12 April 2023) yang diikuti oleh 14 orang dari pekerja pertambangan di Indonesia.

"Kegiatan uji penyegaran meliputi ujian tertulis & ujian wawancara oleh Penguji Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara” Kata Ade.

Sehingga harapannya setelah peserta lulus mengikuti Uji Penyegaran nantinya dapat menguji pola peledakan, menetapkan daerah bahaya peledakan, menyuruh orang menyingkir dan berlindung, meledakkan lubang ledak, menangani kegagalan peledakan, menyambung sirkit peledakan ke sirkit detonator, mengendalikan akibat peledakan dan memastikan hasil peledakan dengan kompete (Lindu)

Type above and press Enter to search.