Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia Diperingati pada 28 April di Seluruh Dunia

 

News

JAKARTA- Seperti di bagian lain dunia, Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia akan diperingati pada Jumat (28 April) di seluruh dunia termasuk di Indonesia yang akan membantu meningkatkan kesadaran tentang masalah keselamatan dan kesehatan kerja.

Organisasi seperti Organisasi Buruh Internasional (ILO) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan secara aktif mempromosikan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia pada 28 April setiap tahunnya.

PBB, ILO, dan organisasi lain, masyarakat, individu, serta badan pemerintah yang memiliki minat dalam kesehatan dan keselamatan kerja bersatu pada atau sekitar 28 April untuk mempromosikan kampanye internasional yang dikenal sebagai Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia. PBB memposting acara ini di kalender acaranya setiap tahun. Pemimpin komunitas dan perwakilan organisasi sering mempromosikan hari tersebut dengan berbicara tentang isu-isu seperti standar kesehatan dan keselamatan kerja.

Berbagai media telah mempromosikan hari tersebut melalui artikel berita dan program siaran. Berbagai jenis acara dan kegiatan yang berpusat pada kesehatan dan keselamatan kerja diadakan di banyak negara pada atau sekitar 28 April setiap tahun.

ILO berdedikasi untuk memajukan kesempatan bagi orang-orang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan produktif dalam kondisi kebebasan, kesetaraan, keamanan, dan martabat kemanusiaan. ILO bertujuan untuk mempromosikan hak-hak di tempat kerja, mendorong kesempatan kerja yang layak, meningkatkan perlindungan sosial, dan memperkuat dialog dalam isu-isu terkait kerja.

Sementara itu pada tanggal 28 April 2023, ILO akan merayakan keputusan ini, mengumpulkan para ahli dan konstituen untuk membahas implikasi yang dimilikinya untuk dunia kerja, serta bagaimana mengimplementasikan hak ini secara praktis di dunia kerja. Acara ini juga akan menjadi kesempatan untuk mempresentasikan temuan penelitian mengenai status implementasi berbagai ketentuan Konvensi Dasar No. 155 dan No. 187.

Acara ini akan disiarkan langsung pada hari Jumat, 28 April dari pukul 13.30 hingga 15.00 CEST.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari  Konferensi Buruh Internasional (ILC) yang memutuskan untuk menyertakan "lingkungan kerja yang aman dan sehat" dalam kerangka prinsip dasar dan hak di tempat kerja ILO pada Juni 2022 lalu.

Bagi pembaca yang Bagaimana cara kita dapat mempromosikan hak dasar untuk lingkungan kerja yang aman dan sehat?

Anda dapat bergabunglah dalam dialog global ILO mengenai bagaimana mengimplementasikan lingkungan kerja yang aman dan sehat sebagai prinsip dasar dan hak di tempat kerja.

Note: CEST (Central European Summer Time) merupakan zona waktu Eropa Tengah, setara dengan waktu GMT+2 atau Waktu Eropa Tengah (WET).

Type above and press Enter to search.