ANTAM Masuk Indeks IDX LQ45, Begini Penjelasannya

Karyawan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM). Foto: ANTAM

MINESAFETY -- PT Aneka Tambang Tbk masuk dalam indeks IDX LQ45 Low Carbon Leaders di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode perdagangan 11 November 2022 sampai dengan 31 Januari 2023. 

Indeks IDX LQ45 Low Carbon Leaders bertujuan untuk mengurangi eksposur intensitas emisi karbon atas portofolio sebesar minimal 50% dibandingkan dengan Indeks LQ45 sebagai parent index

Setelah melakukan penyesuaian bobot per sektor sesuai dengan carbon intensity dan mengecualikan perusahaan di industri batu bara sesuai dengan klasifikasi IDX Industrial Classification (IDX-IC). 

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko ANTAM, Elisabeth RT Siahaan mengatakan masuknya saham ANTAM pada Indeks IDX LQ45 Low Carbon Leaders di IDX mencerminkan apresiasi positif para pemegang saham terhadap kinerja saham dan upaya perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional yang berkelanjutan. 

"ANTAM terus berupaya untuk melakukan pencarian sumber energi baru terbarukan serta energi alternatif yang lebih ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan operasional Perusahaan," kata Elisabeth dari rilis ANTAM dikutip Minesafety, Selasa (22 November 2022).

Menurutnya, ANTAM berkomitmen menjalankan penggunaan energi baru terbarukan di beberapa elemen operasional, serta melakukan upaya dekarbonisasi dengan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan operasi dan produksi. 

ANTAM juga telah menyusun roadmap dekarbonisasi, sejalan dengan komitmen ANTAM sebagai anggota MIND ID untuk menjalankan operasional yang berkelanjutan.

"Inisiasi tersebut sejalan dengan target Pemerintah Indonesia dalam upaya penanggulangan perubahan iklim yaitu Net Zero Emission 2060," ujar Elisabeth. 

Post a Comment

Post a Comment