Perusahaan Tambang Waktunya Punya Road Map Strategi Digital Kesehatan

Foto: PT Prodia Widyahusada Tbk

MINESAFETY -- Perusahaan pertambangan mesti menyiapkan road map pelayanan kesehatan yang substansinya mengganti pelayanan selama ini masih konvesional ke tahap medis digital di masing-masing organisasi.

Para praktisi medis dan kesehatan kerja menilai dengan strategi pelayanan kesehatan berbasis teknologi digitalisasi atau telemedicine memudahkan karyawan mengontrol kesehatannya sehingga memperkecil kecelakaan dan penyakit kerja.

Regional Head PT Prodia Widyahusada Tbk, Marissa Arifin mengatakan manfaat penting lain telemedicine adalah efisien waktu dari pasien yang mau memeriksa penyakitnya tidak harus datang ke klinik atau rumah sakit untuk menemui dokter.

"Dulu misalnya sebelum pandemi, masyarakat umum atau karyawan kalau sakit mesti ke klinik secara personal. Karyawan mencari dokter atau ke klinik secara fisik. Pada masa depan tidak perlu diterapkan [tatap muka bertemu di rumah sakit atau klinik]. Dulu telekonferensi medis antara masyarakat dengan dokter dianggap biayanya mahal, eksklusif, dan orang-orang dengan level status (ekonomi) tertentu," kata Marissa pada webinar Safety Sharing Session (S3) pada Rabu (19 Oktober 2022) malam lalu.


Webinar diselenggarakan oleh Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) dengan mengangkat tema 'Antisipasi Pengelolaan Kesehatan Kerja Pasca Pandemi Covid-19 Berakhir' itu dimoderatori Irene Mugiasih selaku Pengurus DPW APKPI Wilayah Jawa. Pembicara lain adalah Amelia Martha sebagai Corporate Doctor PT Antam Tbk.

Marissa mengatakan sudah menerapkan strategi digital medis antara karyawan perusahaan pertambangan dengan klinik atau rumah sakit. Pihaknya Prodia sudah menjalin kerjasama dengan PT Agincourt Resources Martabe Gold Mine dalam penerapan metode pasien tidak harus ke klinik cukup dengan telekonsultasi dengan dokter.

"Pembelian vitamin atau obat diantar langsung ke rumah. Berbeda dengan masa dulu misalnya, jika sakit diabetes harus ketemu dokter tapi sekarang ada aplikasi dosis secara mandiri. Konsultasi sudah dapat online tidak seeklusif seperti dulu," ujarnya.

Perubahan tanpa pertemuan tatap muka itu, menurut Marissa, karena kebutuhan setiap orang ingin dilayani dengan cepat tidak ribet maka perusahaan sudah mulai untuk memiliki strategi bisnis digital pelayanan kesehatan di masing-masing tempat kerja.     


Sementara itu, Corporate Doctor PT Antam Tbk Amelia Martha mengutarakan korporasi dari grup MIND ID tersebut sudah menerapkan pelayanan secara kesehatan digital di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) semenjak pandemi dan mulai menerapkan pasca pandemi Covid-19 yang berangsur mulai menuju akhir level PPKM 1.

"Hingga telemedicine di unit-unit bisnis ANTAM. Para karyawan dapat medical check up, dan konsultasi berat badan melalui telemedicine," ujar Amelia yang berlatar sebagai dokter ini.

Korporasi, tambah Amelia, sangat fokus memantau kesehatan kerja karyawan meliputi pemeliharaan dan peningkatan derajat kesehatan pekerja dan kapasitas kerjanya. Selain itu, perbaikan kondisi lingkungan kerja dan pekerjaan yang kondusif dan supaya berkembang pengorganisasian pekerjaan dan budaya kerja dalam mendukung K3. 


Post a Comment

Post a Comment