Helm Tambang Bukan Helm Berkendara di Jalan Umum Ya!


MINESAFETY -- Karyawan PT Timah Tbk mendapatkan bekal berkendara yang baik dari Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Barat agar selalu menjaga keselamatan tidak hanya untuk karyawan tetapi pengendara lalu lintas lainnya.

Kasatlantas Polres Bangka Barat AKP M. Hardi menyampaikan dalam kegiatan yang berlangsung di Wisma Sriwijaya Kamis, 6 Oktober 2022 lalu itu, beberapa penyebab kecelakaan diantaranya budaya masyarakat yang salah saat berkendara, hingga menyebabkan jatuhnya korban kecelakaan lalu lintas.

"Budaya masyarakat yang tidak mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yakni, mengenggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi di bawah umur, bonceng tiga,T tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman. Minum Alkohol saat berkendara, melanggar rambu lalu lintas," kata M. Hardi dikutip Minesafety, Selasa (11 Oktober 2022).  

Dia mengingatkan karyawan PT Timah dapat menggunakan helm standart SNI dan patuh terhadap aturan berlalu lintas. Helm kerja tidak diperkenankan untuk dipergunakan di jalan raya, harus helm standar SNI yang sesuai keselamatan. Patuh dengan segala aturan berlalu lintas adalah wajib untuk semua pengguna jalan.

Ada 10 tips keselamatan dalam berkendara, sebagai berikut:

1.Sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan dipakai. Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan yaitu: bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai atau aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.

2. Pastikan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) selalu dibawa sebagai bukti kendaraan yang dipakai legal. Selalu membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai bukti telah legal mengendarai kendaraan.

3. Gunakan helm standar, kaca helm harus bersih, helm bisa full face atau half face.

4. Gunakan sarung tangan yang mudah menyerap keringat serta tidak licin saat memegang handle motor, lebih baik lagi bila dilengkapi bahan keras dibagian depan tangan.

5. Pakai jaket yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan, baik kecil maupun besar, bila perlu pakai rompi khusus. Pertimbangkan juga ventilasi yang baik agar jaket nyaman digunakan.

6. Jika berkendara dalam keadaan gelap, ada baiknya menggunakan jaket atau rompi dengan warna fluorecent.

7. Gunakan jas hujan yang terpisah (atasan dan celana) dengan bahan yang tidak gampang sobek dan tidak tembus air.

8. Pakai sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki. Minimal menutupi daerah mata kaki. Jangan biasakan menggunakan sandal saat berkendara.

9. Mentaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas.

10. Menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara.

Post a Comment

Post a Comment