Tfz9BSAlTfr7TSGlTUM5TfAlGA==

Harga Batubara Oktober 2022 Naik, Dampak Pembangkit Batubara Eropa


MINESAFETY -- Harga Batubara Acuan (HBA) pada Oktober 2022 mengalami kenaikan sebesar USD11,75 per ton menjadi USD330,97/ton dari bulan September 2022 yaitu USD319,22/ton dipicu pengoperasian kembali pembangkit batubara di sebagian negara Eropa sehingga turut mengerek permintaan batubara global.

kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan negara-negara Eropa seperti Jerman, Belanda dan Belgia telah menghidupkan kembali pembangkit batubara sebagai dampak dari pemangkasan gas oleh Rusia.

"Faktor lain yang memengaruhi kenaikan HBA adalah adanya kendala pasokan gas alam di Eropa. Adanya kebocoran jaringan gas yang terjadi di Laut Baltik sehingga harga gas melonjak," kata Agung dari info Kementerian ESDM dikutip Minesafety, Senin (3 Oktober 2022).

Menurutnya, faktor kondisi geopolitik Eropa imbas konflik Rusia-Ukraina serta krisis listrik di India akibat gelombang hawa panas masih menjadi faktor pengerek utama.

Dampaknya, pergerakan HBA Oktober ini merupakan yang tertingi sejak awal tahun 2022 dimana nilai tertinggi sebelumnya terjadi pada bulan Juni, HBA terkerek hingga menyentuh angka USD323,91/ton.

HBA cenderung fluktuatif mengalami kenaikan dan penurunan. HBA pada Agustus 2022 lalu ada di angka USD321,59/ton dan September lalu sebesar USD319,22/ton.

HBA sendiri merupakan harga yang diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal/kg GAR, Total Moisture 8%, Total Sulphur 0,8%, dan Ash 15%.

Type above and press Enter to search.