FKM Universitas Indonesia dan Forum QHSE BUMN Teken MoU, Apa Saja Kerja Samanya?

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia menjalin kerjasama dengan Forum QHSE BUMN. Foto: FKM UI. 

MINESAFETY -- Fakultas Kesehatan Masyarakat Indonesia (FKM) Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Forum Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) BUMN untuk mendukung visi Universitas Indonesia untuk menjadi entrepreneurial university.

Perpanjangan kerja sama antara FKM UI dengan Forum QHSE BUMN ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pendidikan dan inovasi kesehatan masyarakat, mendidik mahasiswa dengan profesional dalam bidang kesehatan masyarakat dengan membekali pengetahuan dan keterampilan melalui praktik kerja lapangan serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, dan memberikan gambaran nyata kepada mahasiswa sebagai calon tenaga kesehatan yang profesional.

Ruang lingkup kerja sama ini mencakup 10 area, meliputi peningkatan kapasitas SDM di bidang kesehatan masyarakat; pelaksanaan forum ilmiah bersama, baik tingkat nasional maupun internasional; praktik belajar lapangan/magang dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kesehatan masyarakat; pemanfaatan data informasi untuk penelitian mahasiswa dan dosen.

Cakupan berikutnya, pengembangan/pembangunan sarana dan prasarana seperti laboratorium terpadu, ruang audiovisual, smart class, dan alumni lounge; pengembangan inovasi dan media informasi di bidang kesehatan masyarakat, pemanfaatan dana CSR bagi kegiatan mahasiswa di wilayah binaan FKM UI; pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang kesehatan masyarakat; pengimplementasian kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di bidang kesehatan masyarakat; serta pengelolaan ventura bersama kedua belah pihak.


Dekan FKM UI, Prof. Mondastri Korib Sudaryo mengatakan berkat kerja sama yang sudah dijalin dari satu setengah tahun yang lalu, FKM UI dan Forum QHSE BUMN mampu terus bersinergi, saling mengisi dan saling mendukung dengan semangat kepedulian yang sama untuk mengembangkan ilmu terutama di bidang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

"FKM UI juga senantiasa saling mengisi dan saling mendukung dengan mitra alumni salah satunya di bidang industri untuk mendukung UI ke arah entrepreneurial university,” kata Mondastri dari siaran pers dikutip Minesafety, Senin (10 Oktober 2022).

Kerjasama yang terjalin pada 19 September 2022 lalu di ruang promosi Doktor FKM UI sebagai bentuk perpanjangan kerjasama yang sebelumnya sudah terlaksana antar kedua belah pihak.

Sebelumnya FKM UI telah memulai kerja sama dengan Forum QHSE BUMN melalui penandatanganan perjanjian kerja sama pada 15 Januari 2020 pada area upaya peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia konstruksi di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3), kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Kerja sama dengan UI bagaikan kerja sama dengan suatu world organization. Kerja sama ini mampu menggabungkan nilai-nilai mulia antara kedua belah pihak untuk kebermanfaatan bersama,” ujar Ketua Umum Forum QSHE BUMN, Subkhan.

Post a Comment

Post a Comment