Berkat Pemberdayaan Masyarakat Bantar Karet, ANTAM Raih Subroto Award 2022


MINESAFETY -- Berkat pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, PT ANTAM Tbk melalui Unit Usaha Pertambangan Emas menerima Penghargaan Subroto Tahun 2022 untuk kategori Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Mineral Inovatif di Sektor Pendapatan Riil dan Peningkatan Lapangan Kerja. 

Program Bina Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat terbaik ANTAM yang dilaksanakan oleh Unit Usaha Pertambangan Emas bertajuk Gunung Dahu Integrated Farming. Program tersebut praktik Penambangan Emas Tanpa Izin di wilayah Pongkor yang mengakibatkan kerusakan lingkungan, sehingga ANTAM mengembangkan inkubasi bisnis yang inovatif berbasis teknologi dan kearifan lokal.

Seiring perjalanan waktu, pada 2018 terbentuk kelompok tani broiler closed house yang terintegrasi dengan kelompok tani dengan memanfaatkan limbah kotoran ayam pasca panen sebagai pupuk pertanian. Beberapa pelaku usaha, ada mantan pelaku Pertambangan Emas Tanpa Izin yang telah menyadari bahaya dari kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin. 

Direktur Pengembangan Usaha ANTAM Dolok Silaban mengatakan kontribusi ANTAM dalam program pemberdayaan masyarakat tidak hanya sebagai mitra pemberi modal, tetapi juga pendampingan dan pembinaan kepada kelompok tani untuk pengembangan usaha, pengembangan sumber daya manusia, operasional pengelolaan produk, infrastruktur dan pasar. 

"ANTAM terus melakukan kegiatan operasional yang berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah Perusahaan, sejalan dengan komitmen kami untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan," kata Dolok dikutip Minesafety, Sabtu (8 Oktober 2022). 

Penghargaan Subroto yang telah memasuki tahun kelima merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral.

Selain itu pada tahun 2022, Kementerian ESDM juga menyelenggarakan Penghargaan Dharma Karya ESDM yang diberikan sebagai apresiasi kepada individu atau lembaga/perusahaan yang sangat berjasa dalam pemikiran, kebijakan, keputusan, tindakan, dan pembangunannya, serta penemuan-penemuan baru di bidang energi dan sumber daya mineral dalam memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan nasional, khususnya di bidang energi dan sumber daya mineral.

Dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 237.K/KP.06/MEM.S/2022 tentang Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2022, tanggal 23 September 2022, dua tim perwakilan dari ANTAM mendapatkan penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Penghargaan Karya Muda. 

Kelompok pertama adalah tim GKM Rinda Emas yang berhasil membuat aplikasi bernama Rinda Emas (mobile android dan web) untuk meningkatkan efektifitas proses logging dan sampling pada tahap pendataan untuk proses eksplorasi emas. Kedua, tim PSS Besties yang berhasil mempercepat proses kompilasi data eksplorasi Bauksit dengan aplikasi database besties.

Post a Comment

Post a Comment