PT Timah Tbk Lepas 200 Bibit Kepiting di Perairan Karimun, Pembeli Besar Malaysia dan Singapura

Kepiting, Pulau Karimun, Mangrove, Nelayan, Malaysia, Singapura,

Ratusan kepiting dilepas ke kawasan Mangrove, Kepulauan Karimun. Foto: PT Timah Tbk

MINESAFETY -- PT Timah Tbk melepas 200 ekor anakan kepiting bakau untuk menjaga ekosistem dan sekaligus memberikan nilai tambah ekonomi di sekitar kawasan mangrove Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Kepala Desa Pongkar Abdul Jamal mengatakan kehadiran anakan kepiting yang dilepaskan oleh PT Timah Tbk pada Senin (22 Agustus 2022) kemarin di kawasan mangrove diharapkan menambah populasi jumlah kepiting yang hampir punah dan sulitu untuk dilihat lagi.

"Kami sangat senang mendukung kegiatan ini, karena kami mengetahui saat ini populasi kepiting bakau di desa Pongkar sudah sangat minim dan hampir tidak dapat ditemui lagi," kata Abdul Jamal dikutip Minesafety, Rabu (24 Agustus 2022).

Salah satu nelayan Desa Pongkar Iskandar mengatakan, permintaan kepiting yang tinggi tidak sebanding dengan keberadaan populasi kepiting di desa tersebut.

"Saat ini prospek kepiting sangat bagus dan banyak peminatnya sehingga apabila program ini berhasil dengan baik dan populasi kepiting kembali terjaga akan berdampak baik untuk para nelayan," kata Iskandar.

Pelepasan kepiting juga pernah dijalankan PT Timah Tbk di Pantai Kudur, masih di Pulau Karimun sebanyak 600 bibit kepiting, pada Maret 2022.

Salah satu pebudidaya kepiting bakau, Erwin mengutarakan pelepasan bibit kepiting di Karimun diharapkan kawasan ini menjadi sentra kepiting bakau dan terus menjadi andalan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kepiting bakau menjadi salah satu komoditas ekspor yang memiliki pangsa pasar di Malaysia dan Singapura. Pangsa pasar terbuka lebar, untuk itu kita harus mampu memanfaatkan peluang yang ada," ujarnya.

Pelepasan bibit kepiting berawal pula dari budidaya kepiting oleh kelompok budidaya ikan Tuah Ketam Desa Sawang Laut melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Timah Tbk sejak 2020 lalu.

Program dari PT Timah Tbk ketika memberikan bantuan sebanyak 1.000 ekor kepiting. Selama melaksanakan budidaya, kelompok budidaya sudah panen puluhan kilogram kepiting di Pantai Tuah Desa Sawang Laut Kecamatan Kundur Barat.

© hak terpelihara
supported by borneoglobe.org