Pengelolaan Sabut Kelapa di Haltim Bawa ANTAM Raih Marketeers SME 2022

ANTAM, Kelapa, Sabut, Halmahera Timur, Marketeers, Kelapa Terpadu, Maluku Utara

Kebun kelapa di antara rumah-rumah lebah kelulut. Pengembangan tanaman kelapa memadukan komoditas lain untuk menambah nilai ekonomi. Foto: Minesafety

MINESAFETY -- PT Aneka Tambang Tbk meraih penghargaan kategori sektor pertanian dari program Industri Kelapa Terpadu di Halmahera Timur pada ajang Marketeers SME Enables Awards 2022.

Program kelapa terpadu itu dilaksanakan di Unit Usaha Pertambangan Nikel ANTAM Maluku Utara yang menerapkan pendekatan creating shared value dan creating new value sehingga masyarakat sekitar menerima manfaat nilai tambah dari pohon kelapa di sana.

Director of Human Resources, Basar Simanjuntak mengatakan program industri kelapa terpadu berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi, sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menerapkan bisnis yang berkelanjutan.

"Para petani sebelumnya hanya mengolah kelapa menjadi kopra hitam kemudian dari program itu berkembang dan masyarakat mengelola sabut, tempurung, dan bagian lain dari tanaman kelapa. Mereka dapat meningkatkan pendapatan dan menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha, program itu juga menguntungkan perseroan karena kelapa mengatasi reklamasi dengan harga yang lebih efisien," kata Basar disela menerima penghargaan dikutip Minesafety, Sabtu (20 Agustus 2022).  

ANTAM menjalan program yang berlangsung sejak 2018 itu dengan memberikan keterampilan produksi kepada masyarakat sekitar mengelola sumber daya kelapa. Perusahaan juga menyediakan sarana prasaran produksi dan kapasitas lembaga setempat agar olahan serabut kelapa bernilai tinggi.

Penghargaan yang bertepatan dengan hari UMKM nasional pada 12 Agustus 2022 itu bekerjasama antara Marketeers dengan Indonesia Council for Small Business (ICSB).

Dalam penjurian bagi perusahaan pengembang UKM ada lima kriteria penilaian, yakni keunikan program pembinaan (creativity program), kesesuaian program UKM dengan bisnis yang digeluti oleh pembina UKM (business model allignment), jangkauan program dari jumlah dan sebaran UKM binaan (implementation reach), dampak positif sosial ekonomi program terhadap UKM binaan (society impact dan keberlanjutan dan konsistensi program jangka panjang (implementation sustainablity).

© hak terpelihara
supported by borneoglobe.org