Suma'mur Prawirakusumah Wafat, Tokoh K3 Indonesia

Suma'mur Prawirakusumah. Sumber foto: belbuk(dot)com

MINESAFETY -- Masyarakat Indonesia khususnya para pemerhati Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah kehilangan salah satu tokoh K3 Indonesia, Suma'mur Prawirakusumah yang berpulang ke Tuhan Yang Maha Esa (YME), pada Sabtu (2 Juli 2022) malam. Minesafety.id memperoleh kabar almarhum menghembuskan nafas pada usia 88 tahun karena sakit.

Almarhum Suma'mur selama hidupnya menaruh perhatian besar terhadap dunia K3 sejak remaja. Dalam buku berjudul 'Apa Siapa Orang Sunda' ditulis oleh Ajip Rosidi, Suma'mur ingin sekali menjadi dokter karena menyaksikan kepedihan kesehatan buruh perkebunan karet di Manonjaya, timur Tasikmalaya.

Mereka sakit tetapi tidak ada sarana hingga tenaga medis yang mengobati para buruh. Dengan melihat penderitaan para buruh itulah yang membuat Suma'mur bertekad harus menjadi dokter.

Usai menempuh pendidikan SMA di Bandung, Suma'mur menempatkan pilihan hatinya melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran UI dan itu membuat cita-citanya menjadi dokter terwujud. Prestasinya di bidang dokter kian bersinar sampai Suma'mur mendapatkan beasiswa program bidang higiene di Universitas Cincinnati, Amerika Serikat.

Pria kelahiran Tasikmalaya (Jawa Barat) itu menamatkan pendidikan di Fakultas Kedokteran UI, Master of Science di Universitas of Cincinnati Ohio (Amerika Serikat) dan Doktor di Universitas Indonesia.

Suma'mur memiliki karir panjang dengan K3 mulai sebagai Doses Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada 1963, Direktur Lembaga Nasional Hiperkes Departemen Tenaga Kerja (1966-1978).

Dalam buku berjudul 'Apa Siapa Orang Sunda' yang ditulis Ajip Rosidi menceritakan sosok yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Bina Hiperkes dan Keselamatan Kerja Depatermen Tenaga Kerja (1978-1986), Direktur Jenderal Departemen Tenaga Kerja RI (1986-1991), dan Direktur Utama PT ASTEK (1991-1994).

Suma'mur termasuk tokoh K3 yang produktif menulis buku ilmiah sebanyak 9 judul buku dan selain itu menulis lebih kurang 100-an artikel ilmiah tentang K3. Sejumlah buku terkenalnya tentang K3 seperti Hiegene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkeses), Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan, Pengujian Penerapan batas Sehat, dan Pemaparan Kerja Kepada Timbal pada Pabrik Aki, dan lain-lain

Kami dari redaksi Minesafety.id mengucapkan turut berbelangsungkawa atas meninggalnya Suma'mur Prawirakusumah.

Semoga amal dan ibadahnya diterima di sisi Allah SWT.

Post a Comment

Post a Comment