PLN Sukses Bangun 3 Unit Rumah Dengan 65 Abu Sisa Batu Bara

Batu Bara, PLTU, FABA, Sisa Pembakaran, PLN, Nagan Raya, Batako, Paving Block, Listrik

Peresmian rumah di Desa Suok Puntong (Aceh) yang bahan material bangunannya dengan fly ash and bottom ash (FABA). Foto: PLN

MINESAFETY -- Pemanfaatan batu bara tidak hanya sebagai sumber energi saja. Seperti PLN yang membangun 3 unit rumah menggunakan sisa pembakaran batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) atau fly ash and bottom ash (FABA) total sebanyak 65 ton bagi masyarakat Desa Suok Puntong, Aceh.

General Manager Unit Induk Pembangkitan Sumatra Bagian Utara (UIK SBU) PLN, Purnomo mengatakan sisa pembakaran batu bara untuk konstruksi rumah itu untuk bahan baku batako, paving block dan material lainnya .

"Pembangunan rumah menggunakan fly ash and bootom ash ini merupakan wujud kepedulian kami untuk membantu masyarakat dan kepedulian PLN terhadap lingkungan sekitar PLTU Nagan Raya," kata Purnono dikutip Minesafety, Selasa (26 Juli 2022).

PLTU Nagan Raya adalah pembangkit listrik yang menggunakan batu bara sebagai energi pembangkit bagi kabupaten Nagan Raya. Pengembangan sisa pembakaran batu bara tidak hanya di wilayah Aceh saja, PLN mengembangkan FABA hampir di seluruh wilayah Sumatra untuk bahan baku produk konstruksi bangunan hingga jalan.

Seperti di Kota Sawahlunto, Provinsi Sumatra Barat menggunakan FABA sebanyak 205 ton untuk pembuatan kanstin jalan protokol. Pemasangan kanstin untuk jalan Ir. H Amran Nur depan Kantor Pengadilan Negeri Sawahlunto. Bahan baku material FABA tersebut dari PLTU Ombilin.   

General Manajer PLN UIK Sumatra Bagian Selatan, Djoko Mulyono mengatakan FABA untuk material kanstin itu sudah diuji laboratorium sehingga kuat untuk dilewati oleh kendaraan truk bermuatan besar.

Penggunaan FABA memberikan manfaat besar bagi material konstruksi dan jalan seperti juga untuk masyarakat Clasik, di Kelurahan Tapian Nauli II, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatra Utara.

Bahkan PLN pernah melakukan proyek besar untuk membangun gedung pusat pengembangan UMKM, WINStore di Manado, Sulawesi Utara menggunakan lebih kurang 364 ton sebagai bahan baku konstruksinya. FABA tersebut berasal dari PLTU Amurang.

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI