Bukit Asam Target Jalur Kereta Api Menuju Dermaga Keramasan Selesai Kuartal IV/2023

Bukit Asam, kereta api, Dermaga Keramasan,

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sedang memperhatikan penjelasan pembangunan proyek jalur kereta api Tanjung Enim-Dermaga Keramasan dan Tanjung Enim-Dermaga Perajen dari pihak PT Bukit Asam Tbk. Foto: Bukit Asam

MINESAFETY -- PT Bukit Asam Tbk, menargetkan proyek jalur kereta api Tanjung Enim-Dermaga Keramasan (Palembang) dapat beroperasi pada kuartal IV/2023 dan Tanjung Enim-Dermaga Perajen dapat beroperasi pada 2026 untuk memudahkan transportasi angkutan batubara guna meningkatkan kapasitas listrik di wilayah Sumatra.

Direktur Utama Bukit Asam, Arsal Ismail mengutarakan secara end-to-end batu bara dari tambang Bukit Asam di Banko Tengah akan didistribusikan ke Dermaga Perajen saja berkapasitas angkut 20 juta ton/tahun.

Untuk memperlancar proyek pembangunan jalur kereta api tersebut sudah dilakukan penandatanganan Head of Agreement antara PT Bukit Asam, Kereta Api Indonesia (KAI), PLN pada 16 Februari 2022 lalu.

"Fasilitas itu nantinya akan dipergunakan untuk mendukung kerjasama sinergi BUMN rantai pasokan batubara untuk meningkatkan ketahanan kelistrikan nasional," kata Arsal Ismail baru-baru ini dari keterangan pers dikutip minesafety, Jumat (27 Mei 2022).

Adapun proyek Kerasaman, pihak Bukit Asam akan membangun Train Loading Station (TLS) beserta Coal Handling Facility (CHF) yang memiliki kapasitas 20 juta ton/proyek. Proyek itu juga akan mendukung suplai jangka panjang pasokan batu bara Buki Asam ke PLN.

"Kami mohon dukungan juga kepada Kementerian Perhubungan dan pihak terkait dalam percepatan proyek-proyek ini. Semoga dengan percepatan realisasi proyek, akan semakin cepat pula manfaatnya diterima oleh negara," ujar Arsal.

Di sisi lain, Direktur utama Bukit Asam yang belum lama ini meraih penghargaan Anugerah BUMN 2022 sebagai kategori CEO Service and Operation Excellent terbaik itu mengatakan pihaknya akan berkomitmen terus dalam inovasi dan pemanfaatan teknologi mutakhir untuk mendukung kinerja bisnis dan organisasi.

Salah satunya pengembangan one stop application bentuk web dan mobile dengan nama CISEA (corporate information system and enterprise applications) yang memiliki proses rantai pasokan panjang dan melibatkan berbagai satuan kerja untuk mendukung kerja bisnis menjadi efisien dan efektif.

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI