Mudik Aman dan Selamat Sampai Tujuan

kecelakaan, mudik,

 

Foto: Salah satu bus melewati jalur menurun. Pemerintah meminta agar pengemudi memperhatikan kelayakan kendaraan agar penumpang mudik lancar sampai tujuan.

MINESAFETY -- Bagi pengendara yang hendak melakukan perjalanan keluar kota selalu waspada agar terhindar dari kecelakaan apalagi saat anda melakukan mudik ke kampung halaman dan kembali usai liburan. Tentu anda ingin bertemu dengan keluarga dalam keadaan baik-baik saja dan tanpa kekurangan segala apapun juga.

Kecelakaan di jalan yag menyebabkan kematian masih menjadi momok menakutkan di Indonesia. Data Kepolisian Negara Republik Indonesia menyebutkan jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan pada 2020 lalu mencapai 23.529 jiwa atau rerata 3 jiwa meninggal dunia per jam. 

Foto: Perilaku buruk mengemudi sembari beraktivitas dengan telepon genggam.

Dari jumlah korban kecelakaan jalan itu, tertinggi kecelakaan sebanyak 73% melibatkan sepeda motor menyusul kecelakaan menimpa pengendara angkutan barang sebanyak 12%. Kecelakaan juga sering menimpa kendaraan pribadi dan angkutan bus yang mengangkut banyak penumpang.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, penyebab kecelakan yang sering terjadi karena sarana prasarana tidak layak jalan seperti rem blong, pecah ban, hilang kendali. Selalu sebelum berangkat perjalanan jauh untuk mengecek kembali kendaraan anda aman dan layak pakai.  Kecelakaan lain infrastruktur jalan buruk, dan pengemudi mengantuk.

Oleh karena itu, penting untuk selalu waspada dan memperhatikan keselamatan berlalu lintas di jalan raya umum. Anda juga harus selalu membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) ke mana saja anda berkendara. Kenakan sabuk pengaman, jumlah penumpang sesuai dengan jumlah sabuk pengaman yang ada.

Patuhi selalu rambu-rambu lalu lintas, patuhi batas kecepatan maksimum yang diizinkan, kemudikan kendaraan sesuai kondisi jalan, dilarang mengemudi dalam pengaruh alkohol dan hormati pejalan kaki.

Jangan lupa saat anda berada di area umum agar senantiasa menyimpan nomor-nomor emergensi untuk mengantisipasi pertolongan pertama anda. Selanjutnya, apabila anda berhadapan dengan suatu hal yang membahayakan anda maka pikirkan keselamatan paling utama, dan pikirkan akibat terburuk yang terjadi ke depan.

Selamat mudik dan berkumpul bersama keluarga.

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI