HUT APKPI Ke-8 Jaya Selalu

Alwahono, Direktur APKPI Periode 2020-2024.

MINESAFETY -- Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan (APKPI) tepat menginjak hari lahirnya ke-8, pada Senin (29 November 2021). Kami dari redaksi mengucapkan selamat hari lahir APKPI yang tahun ini mengambil tema budayakan keselamatan pertambangan Indonesia bertaraf internasional.

Sekilas tentang organisasi ini, APKPI dibentuk atas dasar semangat para 25 tim pendiri yang bercita-cita memiliki wadah saling berbagi infomasi dan berkumpul guna menjawab keprihatinan dan keinginan terhadap terwujudnya keselamatan pertambangan di Indonesia mencerminkan good corporate governance.

Cikal bakal APKPI dimulai dari serangkaian pertemuan para Kepala Teknik Tambang (KTT). Mulai dari rapat persiapan pembentukan pengurus APKPI bersama tim pendiri (Tim Perumus SMKP) di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 14 November 2013.

Lokasi pertemuan pindah-pindah dari satu hotel di Jakarta dan hotel di Bogor. Sekiranya, 12 kali pertemuan dihadiri para KTT, Manajer HSE (Health, Safety, Environment), para direktur operasional dan manajemen pertambangan.

Selanjutnya, hari yang dinanti-nanti pada pertemuan teknis KAIT dan KTT terbentuklah Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI), di Hotel Mega Anggrek, pada 29 November 2013.

Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi terutama menyorot tentang keselamatan pertambangan (KP) dan Keselamatan Operasiol (KO). Namun walau masih usia masih muda, organisasi ini sudah mampu memberikan prestasi mengharumkan.

Pada 2 tahun belakangan ini APKPI meraih penghargaan prestisius dalam aspek keselamatan yakni dari World Safety Organization (WSO) organisasi keselamatan kerja dunia pada 2019. Pada Oktober 2021 lalu, Direktur APKPI Alwahono menerima penghargaan WSO Concerned Professional Award 2021 dan Eko Gunarto meraih penghargaan WSO Concerned Citizen Award 2021.

Semoga APKI terus kian berkibar menghadapi tantangan jaman yang tidak mudah dan organisasi ini tetap solid. 
Post a Comment

Post a Comment