Dewan Pengawas dan Direktur APKPI Terima Penghargaan WSO International dan Indonesia Award 2021



Mine Safety-World Safety Award (WSO), organisasi bergengsi bidang keselamatan kerja berkedudukan di Las Vegas (Amerika Serikat) memberikan penghargaan kepada sejumlah korporasi, akademisi dan profesional Indonesia yang berjasa besar konsisten terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.

Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan oleh WSO dan diserahkan langsung oleh Chairman WSO Alfredo De La Rosa, pada 2021 ini. Kategori penghargaan meliputi WSO International Concerned Company Award, WSO Concerned Educational Award, dan WSO Concerned Profesional Award.

Kampium kategori Concerned Award 2021 diberikan kepada PT Waskita Karya dan EPC Division PT Nusantara Regas. Adapun kategori WSO Educational Award untuk Politeknik Ketenagakerjaan. Sementara itu, kategori WSO Profesional Award kepada Fatma Lestari, praktisi dan dosen dari Universitas Indonesia (UI).

Chaiman WSO Indonesia Soehatman Ramli dalam sambutannya mengatakan penghargaan ini bentuk kepedulian dan konsentasi WSO yang melihat berbagai pihak di Indonesia yang sangat serius memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

"Kami sebagai organisasi nirlaba yang WSO internasional berdiri sejak 1975 memiliki misi untuk mendukung budaya safety seluruh dunia. Kami mengajak seluruh masyarakat semua lapisan mendukung budaya safety," kata Soehatman di sela-sela pemberian penghargaan WSO Award 2021 secara virtual, Kamis (21/10/2021).

Dalam tingkat nasional, kategori penghargaan ada lima yakni WSO Citizen Award untuk Edi Priyanto merupakan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pelindo III, Eko Gunarto adalah Dewan Pengawas Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI) dan Hasanudin merupakan akademisi arkeolog dari Universitas Indonesia (UI).

Kategori WSO Concerned Organization Award diberikan kepada Perhimpunan Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PAKKI). Sementara kategori WSO Profesional Award kepada tiga tokoh yakni Amiroel Pribadi (akademisi), Subkhan dari bidang Safety Waskita Karya dan Alwahono dari Direktur APKPI yang juga Managing Director PT Allsys Solutions.

Penghargaan WSO Concerned Company diberikan kepada PT Nindya Karya, PT Patra Drilling Contractor, PT Waskita Karya Realty, PT Waskita Toll Road, PT Waskita Infrastruktur, PT Target Kelola Securindo, Perum Damri, PT Pertagas Niaga. Kategori terakhir adalah WSO Concerned Educational yang diberikan kepada Pertamina HSE Training Center.

Salah satu penerima penghargaan Subkhan mengatakan budaya keselamatan harus mendapatkan dukungan dari semua sektor tidak hanya swasta tetapi instansi pemerintah, akademisi dan asosiasi karena budaya safety (keselamatan) tidak selalu berada di puncak perhatian.

"Bicara safety naik turun ada saatnya kita senang, ada saatnya kita biasa saja. Ini challenge bagi kami di Waskita untuk implementasi lebih baik. Kami sangat memberikan perhatian terhadap K3 karena sebagai perusahaan konstruksi yang bersaing secara global maka harus mengedepankan safety," kata Subkhan.

Post a Comment

Post a Comment