Sari Safety dari Kearifan Lokal Torang Kwa so Aman

Sumber: https://archiindonesia.com


Terbang dari Jakarta ke Manado lanjut ke Minahasa Utara. Di sana ada sari safety yang diangkat dari kearifan lokal di mana nokturnal mirip monyet selalu turun bergerombol. Kebiasaan mereka jika melihat situasi tidak aman atas kehidupannya, maka akan segera memberikan informasi kepada sesama anggota agar kabur mengambil langkah aman. Itulah binatang Toka. Toka ini pula singkatan dari bahasa lokal "Torang Kwa so Aman," yang berarti kita sudah aman.

"Lingkungan kerja itu diciptakan. Sesungguhnya kita setelah dapat makan dan tempat tinggal yang baik selalu membutuhkan rasa aman. Safety need," ungkap KTT PT Meares Soputan Mining, Tejo.

"Manusia adalah sentral keselamatan operasi. Kondisi unsafe diawali tindakan tidak aman oleh si manusia itu sendiri," tambahnya. 

Insiden atau accident dapat terjadi di areal pertambangan karena salah satu mendominasi atau berat sebelah. Telah hilang keseimbangannya. 

Diakui setiap pengusaha tentu selalu ingin untung. Untuk itu kita dituntut produktif dan efisien. Tetapi jika terjadi kecelakaan, maka produktivitas dan keuntungan yang diimpikan  juga bakal sirna. Oleh karena itu PT Meares Soputan Mining menerapkan pola top down dan bottom up. Dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Lalu mengemas dengan baik dan terbaik kepada seluruh aspek kritis berupa critical middle management

"Kami saling ingat mengingatkan selalu. Seperti Toka. Torang kwa so aman. Kearifan lokal yang bersifat universal."

Toka Safe menjadi mudah diimplementasikan karena diangkat dari kearifan lokal dan mudah dipahami setiap orang se-Minahasa. Toka Safe merupakan brand sistem manajemen keselamatan, kesehatan kerja (K3) yang diimplementasikan di proyek emas Toka Tindung-Sulawesi Utara dan mewarnai safety tambang nasional. 

"Mitigasi diatur dalam Toka Safe sehingga nihil kecelakaan yang sanggup merenggut kerugian harta benda dan jiwa. Sebaliknya peningkatan produktivitas yang asri dengan masyarakat dan lingkungan yang tetap hijau bestari bisa diimplementasi atau diraih."


Post a Comment

Post a Comment