Kiat Selamat Perusahaan Seumur Jagung

Kiat Selamat Perusahaan Seumur Jagung
Sumber: http://www.jresources.com/

Dibandingkan PTFI yang telah memulai operasi di Papua sejak masa Orde Lama yang dipimpin Soekarno dan eksploitasi di masa Orde Baru pimpinan Soeharto, maka perusahaan tambang emas dan perak J Resources mengaku masih seumur jagung. Mereka belajar dari pengalaman para pendahulu soal safety.

"Tahun 2012 kami masih berada dalam tahun konsolidasi, studi kelayakan dan lain sebagainya. Di tahun 2013 kami mulai mendevelop site, dan di tahun 2014 baru masuk tahap produksi," ungkap Agus Kusnadi, ST selaku KTT PT Sago Prima Pratama yang bernaung di bawah panji grup J Resources. 

Alumni Pertambangan dari Kampus Universitas Islam Bandung ini mengajak kita terbang ke lokasi tambangnya yang juga di remote area. Yakni tiga jam jalur darat dari posisi Bandara Sam Ratulangi, ibukota Sulawesi Utara, Manado. Site lainnya berada di Seruyung, Tarakan, Kaltim. 

"Kami punya empat site tambang, salah satunya ada di Penjong, Negeri Pahang, Malaysia. Ya kira-kira dua atau tiga jam dari kota dagang paling sibuk Negeri Jiran, yakni Kuala Lumpur."

"J Resources sejak awal perencanaan tambangnya sudah menitik-tekankan safety sebagai sesuatu yang sangat penting." Tercatat sejak 2015 kelangsungan usaha tambang yang aman atawa sustainibility di seluruh site sehingga dapat dinikmati seluruh karyawan maupun lingkungannya hingga sekarang. 

Visi J Resources adalah untuk menjalankan tambang yang inovatif, sustainable, senantiasa penuh semangat dan respek. "Safety atau keselamatan bagi J Resources bukan lagi untuk legal complience,  untuk mencapai target produksi, mendukung sertifikasi, atau permintaan buyer maupun stakeholder, tapi bassic need. Kebutuhan dasar setiap orang tambang. Bagaimanapun caranya. Berapapun biayanya. Macam manapun effortnya harus kami lakukan," tutur Agus Kusnadi penuh semangat. 

Tak heran jika trofi bergengsi Adhitama 2015 dan 2017 berupa penghargaan tertinggi nihil kecelakaan berhasil diraih J Resources. Sebuah pengakuan adiluhung yang dipersembahkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di mana J Resources melangsungkan usaha tambang dengan Good Mining Practice (GMP).

"Safety adalah license to operate mining!" tambah Agus seraya menimpali aspek responsibility atau tanggung jawab dan acountability alias nilai kepercayaan menempati tempat teratas di tempat usahanya.

J Resources melaksanakan program tanggung jawab perusahaan dengan lingkungan berupa "CSR Program - The Environment - Occupational Health and Safety". 

Mereka dengan penuh tanggung jawab menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Keselamatan Operasional Tambang (KOP) dan Sistem Manajemen Keselamatan Tambang (SMKP). 

© all rights reserved allsysmedia.com
APKPI